kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrikan otomotif mulai memamerkan mobil baru


Kamis, 18 Januari 2018 / 11:05 WIB
Pabrikan otomotif mulai memamerkan mobil baru


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awal tahun nampaknya menjadi ajang pamer bagi pabrikan otomotif memperkenalkan mobil-mobil baru yang siap mengaspal di jalanan tanah air. Dalam catatan KONTAN, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) telah terang-terangan memperkenalkan mobil anyar mereka ke publik.

Beberapa di antaranya ialah Wuling Motors yang akan mengusung multipurpose vehicle (MPV) Cortez, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia dengan Pajero Sport, Toyota Astra Motor lewat All New Rush, dan Astra Daihatsu Motor yang merilis All New Terios.

Kyoya Kondo, Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mengatakan, mobil baru yang siap dipasarkan itu ialah New Pajero Sport Exceed 4x2 AT dan GLX 4x4 MT.

Sekadar catatan, menurut Kyonda Pajero Sport selama ini telah mendominasi penjualan mobil di kelas sport utility vehicle (SUV) 4x4, sekaligus memimpin segeman pasar itu dengan penguasaan hingga 60%. "Ini juga merupakan upaya kami untuk memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia, sehingga diharapkan kehadiran kedua varian Pajero ini dapat dinikmati masyarakat yang ingin merasakan kendaraan SUV terbaik dengan harga yang lebih terjangkau, ungkap Kyoya, Rabu (17/1).

Pajero Sport pertama kali meluncur di Indonesia tahun 2009. Saat ini, mobil itu sedang menuju pencapaian penjualan sebanyak 120.000 unit. Kedua varian tersebut kini juga dirakit di fasilitas produksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Bekasi, Jawa Barat.

Menyusul, beberapa varian Pajero Sport yang sudah dirakit di Indonesia, yakni Dakar 4X2, Dakar Ultimate 4X2 dan Dakar 4X4. Selain dirakit di Indonesia, New Pajero Sport Exceed 4x2 AT & GLX 4X4 MT juga mendapatkan beberapa penyegaran dan pengembangan fitur dibandingkan dengan tahun model sebelumnya.

TKDN meningkat

Pada awal perkenalan, kandungan lokal yang terdapat pada varian Pajero Sport yang dirakit di Indonesia hanya 29%. Sedangkan saat ini kandungan lokal sudah mencapai 34% dan akan terus ditingkatkan secara bertahap.

New Pajero Sport Exceed 4x2 AT dan GLX 4x4 MT akan diperkenalkan dalam serangkaian acara peluncuran yang melibatkan 48 diler resmi kendaraan penumpang Mitsubishi di 15 kota di Indonesia pada periode selama bukan Januari sampai Februari 2018.

Sebelumnya, upaya menarik minat konsumen untuk membeli mobil dengan menghadirkan produk baru juga diutarakan Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur Toyota-Astra Motor. Menurutnya, produk baru yang dirilis ini diharapkan mampu semakin mendongkrak penjualan. "Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2006 lalu Rush sudah terjual sebanyak 250.000 lebih," kata Nakata.

Dengan perubahan eksterior dan interior, All New Rush diharapkan semakin meningkatkan kenyamanan konsumen, tanpa mengubah performa dan karakter tangguh dari tipikal mobil SUV.

Dalam sepuluh tahun terakhir pasar mobil segmen SUV diklaim terus menunjukkan kenaikan. Bila tahun 2006 kontribusi penjualan mobil SUV hanya 2%, tahun lalu sudah mencapai 11% dari total pasar nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×