kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pebisnis transportasi siap antarkan calon pemudik


Senin, 14 Mei 2018 / 11:20 WIB
Pebisnis transportasi siap antarkan calon pemudik


Reporter: Andy Dwijayanto, Aulia Fitri Herdiana , Ika Puspitasari, Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudah menjadi hal lumrah saban tahun, tingkat kebutuhan masyarakat selama momen puasa dan Lebaran melonjak dibandingkan bulan biasanya. Tak pelak, sejumlah pengusaha dari mulai ritel, transportasi hingga makanan siap saji mulai menawarkan produk unggulan plus promosi untuk menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya.

Momentum Lebaran ini juga menjadi andalan banyak korporasi memperbaiki kinerja penjualan mereka. Sudah menjadi rutinitas masyarakat perkotaan ketika memasuki libur Lebaran akan memanfaatkan waktu tersebut untuk mudik ke kampung halaman.

Tak hanya kendaraan umum yang bakal tersulut dengan banyaknya pesanan para pemudik. Perusahaan yang berbisnis di jasa sewa transportasi juga kebagian berkah tingginya permintaan saat tradisi pulang kampung.

Misalnya, PT Blue Bird Tbk optimistis musim Lebaran akan memacu bisnis sewa kendaraan. Di bawah bendera Big Bird, perusahaan berkode saham BIRD di Bursa Efek Indonesia ini menawarkan rental beberapa jenis kendaraan Toyota HiAce, Isuzu Elf, dan Alpha Bus untuk kebutuhan mudik.

Michael Tene, Head of Investor Relations BIRD menyampaikan, tahun ini pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap rute-rute tujuan mudik. Salah satunya adalah bisa memperluas rute-rute tujuan mudik. "Apabila dibutuhkan kami bisa perluas. Terlebih Lebaran tahun ini Jakarta sampai Surabaya sudah bisa terhubung jalan tol," ujarnya kepada Kontan.co.id, pekan lalu. Meski demikian, pihak Blue Bird belum merilis tarif untuk sewa armada kendaraan yang siap mengakomodasi pemudik.

PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) meluncurkan WEHA Mudik yang bekerjasama dengan platform online. Menurut Anggreta Chandra, Direktur Utama PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk, tahun ini, WEHA Mudik menggandeng dua mitra, yakni Loket.com dan Redbus.in. "Strategi perseroan di tahun 2018 menitikberatkan pada transaksi online booking," ungkapnya, Rabu (3/5).

Lewat program WEHA Mudik, perusahaan ini menawarkan tujuan perjalanan mudik terjadwal dengan bus White Horse Premier Series berkapasitas 47 kursi dan 59 kursi.Salah satu yang menjadi andalan adalah Paket Mudik Jalan Mudik Rame-Rame (Jamurr). Rute perjalanan dari Jakarta, Tegal, Pemalang, Brebes, Semarang, Solo, Gombong, Kebumen dan Yogyakarta. Sayang, manajemen belum mau membeberkan lebih lanjut terkait program tersebut.

Ada juga paket liburan Lebaran selama tiga hari dari Bandung-Madiun untuk 27 seat, dikenakan tarif Rp 7,1 juta. Promo ini berlaku mulai 9 Juni-21 Juni 2018.

Adapun PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) tidak terlalu fokus membidik pasar mudik Lebaran. Sebab, segmentasi pasar ASSA saat ini lebih banyak didominasi pelanggan korporasi ketimbang individu. "Target ASSA korporasi, jadi kontribusi sewa ritel kecil. Kami juga tidak menyediakan armada khusus untuk sewa mudik," aku Hindra Tanujaya, Direktur ASSA kepada Kontan.co.id.

Selain itu, perusahaan ini tidak ada kerjasama dengan paltform online untuk menyewakan kendaraan selama musim mudik. Sehingga, efek musim mudik Lebaran terhadap perusahaan tersebut tidak akan terlalu terasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×