kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang usaha jelang hari kasih sayang ala Tokopedia


Kamis, 08 Februari 2018 / 19:01 WIB
Peluang usaha jelang hari kasih sayang ala Tokopedia
ILUSTRASI. Produk cokelat Valentine di Tokopedia


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari Kasih Sayang atau anak muda kerap menyebutnya hari Valentine sangat identik dengan bunga dan cokelat. Hal ini berimbas pada meningkatnya permintaan kedua barang tersebut. Bagi penjul hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.

Berdasarkan data Tokopedia, penjualan cokelat pada 2017 meningkat lebih dari 650% pada momen itu. Sementara angka penjualan bunga meningkat lebih dari 250%.

“Sepanjang tahun, ada berbagai momentum yang dapat dimanfaatkan oleh penjual di Tokopedia. Peningkatan penjualan cokelat dan bunga tahun lalu menjadi cerminan ketertarikan orang Indonesia terhadap belanja online,” ujar Garri Juanda, Co-Head of Marketplace Tokopedia dalam siaran pers pada Kamis (8/2).

Garri mengimbau para penjual untuk persiapkan stok dan varian produk yang ditawarkan. Garri contohkan beberapa peluang bisnis jelang hari kasih sayang yakni merangkai bunga atau jago berkreasi dengan cokelat.

Salah satu merchant cokelat di Tokopedia yakni Kakaoku Cokelat mengaku mengalami peningkatan penjualan cokelat yang signifikan jelang Valentine. Peningkatan itu bahkan bisa mencapai 500% dibanding biasanya.

Shita (40 tahun), founder Kakaoku Cokelat mengatakan, pembuatan cokelat tidak terlalu lama, yakni hanya membutuhkan waktu 45 menit per produk. Namun ini berbeda jika permintaannya banyak.

“Yang membutuhkan waktu lebih lama justru di kemasan. Jadi per Januari lalu, kami sudah mulai membuat kotak untuk produk best seller. Karena setiap tahun, best seller-nya pasti tidak jauh bergeser,” ungkap Shita.

Beberapa produk cokelat yang paling diminati dari Kakaoku Cokelat ini antara lain buket bunga cokelat, cokelat foto frame, dan praline text. Berbagai persiapan sudah dilakukan Shita untuk valentine ini. "Ini peluang usaha yang bisa dimaksimalkan. Saran saya, para penjual perlu lebih mempersiapkan diri menghadapi 14 Februari nanti, apalagi yang memang fokus di produk cokelat dan bunga," tutup Shita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×