kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyediaan SPKLU Hasil Kerja Sama PLN dan Mitra Swasta Terus Meningkat


Sabtu, 04 Mei 2024 / 14:00 WIB
Penyediaan SPKLU Hasil Kerja Sama PLN dan Mitra Swasta Terus Meningkat
ILUSTRASI. PT PLN dan badan usaha lain berupaya membangun sebanyak mungkin Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Umum (SPKLU)./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/01/2024.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) dan badan usaha lain atau perusahaan swasta berupaya membangun sebanyak mungkin Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Umum (SPKLU).

PLN mencatat penyediaan SPKLU hasil kerja sama PLN dengan para mitra terus meningkat dari tahun ke tahun. Mitra seperti pengusaha mal pun turut menyambut baik kerja sama ini.

Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan, penyediaan SPKLU hasil kerja sama PLN dengan para mitra terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga: PLN Indonesia Power Targetkan Carbon Trading Meningkat Dua Kali Lipat

"Pada tahun 2023 terdapat 48 SPKLU hasil kolaborasi. Pada tahun ini meningkat hampir 12 kali lipat, yakni sebanyak 548 SPKLU," kata Gregorius kepada KONTAN, Jumat (3/5).

Ia menjelaskan, PT PLN (Persero) tidak mematok biaya investasi secara khusus dalam kolaborasi penyediaan SPKLU karena dapat disediakan secara mandiri oleh mitra dengan empat skema yang terdiri, pertama, lahan disediakan oleh mitra, charger disediakan oleh PLN, platform disediakan oleh PLN.

Kedua, lahan disediakan oleh mitra, charger disediakan oleh mitra, platform disediakan oleh PLN. 

Ketiga, lahan disediakan oleh mitra 1, charger disediakan oleh mitra 2, platform disediakan oleh PLN. 
Terakhir, khusus mitra yang sudah memiliki IUPTL.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengungkapkan, pusat perbelanjaan menyambut baik kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal penyediaan berbagai fasilitas untuk melayani kebutuhan masyarakat sehubungan dengan posisi Pusat Perbelanjaan yang juga adalah merupakan salah satu fasilitas publik.

"Kerja sama dengan PLN dalam hal penyediaan SPKLU adalah salah satu bentuk komitmen Pusat Perbelanjaan dalam mendukung program pemerintah untuk percepatan pengembangan penggunaan kendaraan listrik," kata Alphonzus kepada KONTAN, Jumat (3/5).

Ia menambahkan, kerja sama Pusat Perbelanjaan dengan PLN dalam penyediaan SPKLU dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kerjasama, namun yang pada umumnya dilakukan adalah dalam bentuk penyediaan lahan dan penyediaan perangkat.

Pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat ataupun lahan beserta dengan pendukung lainnya dan PLN yang menyediakan perangkat beserta dengan berbagai perlengkapannya.

Baca Juga: PLN Gencar Kembangkan SPKLU dan SPLU di Berbagai Wilayah

Pusat perbelanjaan merupakan salah satu titik strategis persebaran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) karena memiliki tempat parkir luas dan pusat masyarakat berkegiatan.

Merespons hal ini, AEON Mall Deltamas menyediakan fasilitas SPKLU, dengan menggandeng provider SPKLU Utomo Chargeplus, berupa teknologi ultra-fast charging yang bisa digunakan mengisi daya 8 mobil listrik sekaligus.

General Manager AEON Mall Deltamas, Sri Prayogi, mengatakan kehadiran komplek SPKLU ini juga mendukung visi AEON Mall Deltamas sebagai greenship building.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan empat mitra yaitu PT Arista Elektrika Nusantara, PT High Volt Technology, PT Exelly Elektrik Indonesia,  PT Utomo Chargeplus Indonesia.

Kerja sama ini juga mencakup penyediaan SPKLU di mana PLN menyediakan pasokan listrik dan platform.

“Jadi nanti bayangan kami adalah di gerai-gerai publik seperti mall dan kantor ada SPKLU yang bisa digunakan oleh semua merek yang akan mempermudah para pengguna EV di tanah air,” tutur Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×