kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan pipa baja KHI Pipe Industries masih didominasi sektor infrastruktur


Minggu, 22 Juli 2018 / 17:38 WIB
Permintaan pipa baja KHI Pipe Industries masih didominasi sektor infrastruktur
ILUSTRASI. Pipa Baja PT KHI Pipe Industries


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen pipa baja, PT KHI Pipe Industries masih terus menyuplai kebutuhan pipa nasional. Anak usaha PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) ini optimistis bisnisnya bakal bertumbuh signifikan tahun ini.

Mengawali semester II tahun 2018, KHI mengaku telah menggenggam beberapa proyek pipa di dalam negeri. "Saat ini order masih didominasi pipa infrastruktur," ungkap Nizar Ahmad, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT KHI Pipe Industries kepada Kontan.co.id, Sabtu (21/7).

Sementara itu order dari pipa minyak dan gas (migas) menurut Nizar belum bergerak naik dibandingkan tahun lalu. Asal tahu saja, sebelumnya KHI Pipe Industries dikabarkan akan bersiap menyongsong proyek pipa gas bumi nasional.

SKK Migas dan BPH Migas telah mendatangi Krakatau Steel Group, induk usaha KHI Pipe Industries, untuk memberikan gambaran proyek migas. Namun menurut Nizar, pihaknya belum menerima order pipa tersebut sampai sekarang.

Sayangnya Nizar tidak merincikan penyebabnya. Namun jika proyek tersebut terealisasi di 2018 ini porsi volume penjualan pipa baja KHI Pipe sebanyak 25% bakal diisi oleh jenis pipa gas. "Yang ada saat ini order pipa gas dari beberapa perusahaan seperti Pertamina dan Elnusa," terangnya.

Berkaca pada kinerja semester I 2018 ini, menurut Nizar, sales cukup baik walau sedikit terganggu lantaran libur panjang saat bulan Juni. "Total penjualan semester I sekitar 48.300 ton. Juni karena libur panjang jadi akumulasinya masih relatif sama dengan tahun lalu, tapi penjualan Juni akan carry over masuk ke Juli cukup tinggi," urainya.

KHI tahun ini mematok pertumbuhan volume penjualan sekitar 40%-50%. Dimana tahun lalu volume penjualan tercatat sebanyak 106.000 ton.

KHI memiliki kapasitas terpasang 233.000 ton per tahun dengan empat lini produksi. Untuk ukuran pipa gas terbesar yang diproduksi berdiameter sekitar 12-20 inchi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×