: WIB    —   
indikator  I  

Pertalite & Gojek, merek terbaik versi Superbrands

Pertalite & Gojek, merek terbaik versi Superbrands

JAKARTA. Pertalite dan Gojek berhasil terpilih menjadi brand terkemuka Indonesia versi Superbrand Indonesia pada tahun ini. Pertalite berhasil meraih dua penghargaan, yakni The Most Outstanding Product/Service 2017 dan The Most Outstanding Marketing Campaign 2017.

Sedangkan Gojek berhasil menggondol penghargaan The Most Outstanding Brand 2017.

Penghargaan kepada kedua merek ini diberikan pada acara Gala Awards Night 2017 yang dihelat di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, pada Selasa (6/6) kemarin.

Menurut CEO Superbrands Indonesia, Grandtyana Mayasari, pada tahun ini, Superbrands mengangkat tema kampanye #KonsumenPintar. Ini merupakan kampanye edukasi konsumen untuk menjadi semakin pintar dengan memilih merek-merek yang sudah pasti terjamin kualitasnya.

Selain #KonsumenPintar, Superbrands juga akan menghadirkan acara puncak berupa Smart Festival 2017, yang merupakan tempat berkumpulnya konsumen, merek, komunitas dan para entertainer yang pastinya akan saling memberikan inspirasi kepada siapapun yang hadir.

Grandtyana juga menuturkan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi Superbrands Indonesia kepada pelaku industri. Ia mengatakan keberhasilan menciptakan produk dapat dilihat dari dampak signifikan yang dihasilkan dari merek masing-masing. Dampak yang dimaksud antara lain meningkatnya kepercayaan dan naiknya nilai jual merek tersebut.

"Superbrands terus berupaya untuk menaikkan nilai jual Logo Superbrands, sehingga akan meningkatkan nilai pada merek-merek yang membawanya di mata konsumen," kata Grandtyana.

Sekadar tambahan informasi, pemilihan peraih Superbrands Special Award 2017 menggunakan sistem penilaian yang dilakukan oleh para panelis yang ditunjuk oleh Superbrands Indonesia. Para panelis mewakili para ahli di bidang-bidang yang berkaitan dengan performa sebuah merek. Di antaranya ahli marketing, ahli komunikasi, ahli media dan juga pelaku industri itu sendiri.

Ada lima juri yang berpartisipasi dalam pemilihan brand terbaik tahun ini. Mereka adalah Dian Gemiano (GM Marketing kompas.com), Matt Wiggers (CEO Havas Jakarta), Indra Soebardi (Owner and Executive Coach AAC Executive Search Jakarta), Nani Buntarian (Creative Content & Communications Specialist  Asia Ideas), dan Brian Capel (CEO Publicis One Indonesia).

Dalam acara ini, Superbrands Indonesia mengundang sekitar 35 merek di Indonesia yang mendapatkan status dan penghargaan berdasarkan penilaian yang dilakukan. Hadir pula partner perusahaan dari Pertamina -Pertalite, Sania dan Pertamina Enduro- selaku sponsor acara ini.

Tantangan berat

Superbrands Indonesia berharap, dengan adanya penghargaan yang diberikan bisa memacu perusahaan untuk meningkatkan kualitas merek mereka. Sebab, saat ini, perusahaan menghadapi tantangan berat dalam pengembangan merek.

Hal ini diakui oleh Direktur Marcomm Nielsen Miladinne Inesza Lubis yang mengatakan, meskipun pondasi pertumbuhan ekonomi cukup kuat, namun kondisi ekonomi dan politik juga sangat mempengaruhi kebiasaan konsumsi masyarakat.

Di tengah tantangan yang berat, Matt Wiggers, CEO Havas Jakarta berpendapat, pemilik merek harus berpikir kreatif sehingga merek mereka bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Tambahan informasi saja, tingkat konsumsi di Indonesia per Juni 2017 mengalami peningkatan akibat kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai membaik sejak tahun 2015, yaitu dari posisi 4,9% di kuartal 4 2016 menjadi 5,0% pada kuartal I 2017. Tingkat konsumsi yang tinggi ini juga didominasi oleh meningkatnya konsumsi kebutuhan rumah tangga yang dilakukan oleh semua kelas market di Indonesia karena meningkatnya tingkat pendapatan minimum (UMR) warga Indonesia sebesar 8% selama tiga tahun terakhir.

 


Reporter Barratut Taqiyyah Rafie
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

PENGHARGAAN

Feedback   ↑ x