kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina EP cari potensi migas di Papua


Senin, 15 Mei 2017 / 18:23 WIB
Pertamina EP cari potensi migas di Papua


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Pertamina EP yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) kembali melakukan survei seismik 3D di Klamossa di Papua pada tahun ini. Langkah tersebut dilakukan untuk mencari sumber cadangan minyak dan gas bumi.

Menurut Pelaksana Tugas Harian Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf, kegiatan seismik Klamassosa ini dilakukan dengan total luasan 500 kilometer (km) persegi yang dikerjakan secara multiyears. Tahun ini, Pertamina EP menargetkan total luasan seismik 200 km persegi dan sisanya 300 km persegi pada 2018.

“Dari kegiatan tersebut, kami akan review hasilnya apakah potensinya sesuai dengan target yang diharapkan,” ujar Nanang dalam siaran pers, Senin (15/5).

Anggaraita Putra S, Pejabat Sementara Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku, menambahkan kegiatan survei seismik Klamassosa melintasi sembilan distrik di Kabupaten Sorong dan membutuhkan waktu selama 18 bulan. "Ini merupakan harapan baru bagi industri hulu migas untuk menemukan potensi cadangan baru di Kawasan Timur Indonesia,” ujarnya.

General Manager Asset 4 PT Pertamina EP Didik Susilo, selaku pemegang wilayah kerja di Papua Field, menyatakan Pertamina EP Asset 4 siap mendukung penuh terlaksananya kegiatan seismik di wilayah Papua. Apalagi Papua dan Kawasan Timur Indonesia merupakan wilayah yang masih memiliki potensi minyak dan gas bumi.

“Kami di Asset 4 siap mendukung penuh kegiatan seismik ini dan berharap agar kegiatan ini dapat menemukan potensi cadangan minyak dan gas bumi yang besar untuk pemenuhan ketahanan energi negeri", tuturnya.

Selain, lanjut Didik, pengerjaan seismik mempekerjakan 2.000 orang dengan melibatkan warga lokal dan berkoordinasi dengan kepala distrik dan kepala marga. Untuk itu, Didik berharap, kegiatan ini dapat memberikan efek berganda (multiplier effect) terhadap daerah dan masyarakat.

Selain untuk menemukan cadangan migas baru, Nanang bilang, survei seismik ini dilakukan untuk mencapai target perseroan. "Survei seismik 3D kali ini dilakukan di Bumi Cendrawasih demi memenuhi target seismik Pertamina EP 2017, yaitu seismik 2D target sepanjang 883 km dan 3D seluas 621 km persegi,” katanya.

Nanang menyebut kegiatan seismik di Papua bukanlah yang pertama kali dilakukan Pertamina EP. Perusahaan sebelumnya pernah melakukan survei seismik 2D di Kabupaten Bintuni-Kabupaten Sorong Selatan pada 2016.

Pada 2016, kegiatan seismik Pertamina EP bisa melampaui target dengan capaian target seismik 2D mencapai 100% atau seluas 953 km dan seismik 3D mencapai 128% atau 1.008 km persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×