kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina tunjuk langsung proyek EOR ke Daqing?


Jumat, 31 Mei 2013 / 10:39 WIB
Pertamina tunjuk langsung proyek EOR ke Daqing?
ILUSTRASI. Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.


Reporter: Azis Husaini, Diemas Kresna Duta | Editor: Azis Husaini

JAKARTA. Produksi minyak nasional yang saat ini terus turun memaksa beberapa kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) menggunakan teknologi pengurasan minyak tahap lanjut alias Enhanced Oil Recovery (EOR) untuk mendongkrak produksi.

Salah satu kontraktor yang memakai strategi ini adalah PT Pertamina EP (PEP). PEP akan menggunakan teknologi EOR di 43 wilayah kerja (WK) dengan menggandeng kontraktor. Maklum, Indonesia belum memiliki perusahaan spesialis jasa EOR.

Hanya saja, penentuan pihak ketiga ini oleh PEP ternyata berbuntut panjang. Menurut informasi yang  berhasil  dihimpun KONTAN, PT Pertamina telah menunjuk Daqing Enterprises International (DQE), anak usaha Petrochina Daqing Oilfield Company Limited, sebagai kontraktor EOR PEP.

Repotnya, penunjukan ini tanpa sepengetahuan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Sebab, menurut ketentuan, penentuan pihak ketiga dalam mengerjakan proyek EOR harus melalui beauty contest. Alasannya, biaya yang dikeluarkan kontraktor itu bakal diganti oleh negara lewat mekanisme cost recovery.

Kabarnya, langkah penunjukan ini tak lepas dari intervensi Kantor Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara yang mengarahkan Pertamina menggandeng Daqing.

Sayangnya, KONTAN belum berhasil menghubungi pejabat BUMN. Yang  aneh, Direktur Utama Pertamina EP, Syamsu Alam mengaku belum tahu penunjukan itu. "Mekanisme pemilihan mitra wewenang dan prosesnya bukan di Pertamina EP, tetapi di Direktorat Hulu Pertamina," ungkapnya ke KONTAN, Kamis (30/5).

Syamsu meyakinkan, karyawan PEP di seluruh WK tidak perlu resah jika ada kontraktor masuk. Sebab, tidak ada istilah mensubkontrakkan seluruh lapangan migas PEP. "Tidak akan ada pergantian oleh siapa pun jika memang terjadi kerjasama," kata dia.

Direktur Hulu PT Pertamina Muhammad Husein juga membantah kabar penunjukan Daqing sebagai kontraktor proyek EOR PEP. "Masih proses penjajakan," ujar dia. Meski begitu, ia menyatakan mekanisme penunjukan langsung dan beauty contest sama-sama mungkin dilakukan.

Sekretaris SKK Migas, Gde Pradnyana mengatakan, aneh jika Pertamina EP telah menunjuk Daqing sebagai kontraktor EOR. "Terlalu cepat, sebab kami baru kirim mekanisme EOR pekan (16/5) lalu," katanya. Intinya, mekanisme EOR harus melewati proses beauty contest, bukan penunjukan langsung.          

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×