kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PHRI: JHSR bisa sumbang 15% dari target wisman nasional


Minggu, 20 Mei 2018 / 11:17 WIB
PHRI: JHSR bisa sumbang 15% dari target wisman nasional
ILUSTRASI. Para Wisatawan Asing di Labuan Bajo, NTB


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paket Jakarta Ramadan Hot Deals (JHSR) yang merupakan bagian dari Jakarta Weekend Hot Deals (JakDeals) diproyeksikan dapat menyumbang sebanyak 15% dari target jumlah kunjungan nasional sebanyak 2,5 juta wisman hingga 2019 mendatang.

Hariayi Sukamdani, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sekaligus Ketua Tim Pelaksana Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 mengatakan paket JHSR diluncurkan khusus selama Ramadan mengingat tren pariwisata Jakarta saat bulan suci berada dalam masa low seasons.  Hal ini ditandai dengan turunnya kedatangan wisman serta turunnya tingkat hunian kamar hotel berbintang di Jakarta.

"Tingkat okupansi hunian kamar berbintang di Jakarta pada bulan biasa bisa sebesar 63,26%, namun saat Ramadan okupansi kamar bisa turun atau hanya sebesar 59,88%," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (19/5).

Menurutnya, dengan diluncurkannya paket JHSR dapat meminimalisir penurunan jumlah wisman dan okupansi hotel berbintang saat bulan Ramadan.

Anang Sutono, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasa Pariwisata mengatakan peluncuran JHSR merupakan bentuk strategi yang diambil untuk menstabilkan jumlah kunjungan wisman dengan menerapkan konsep 'sharing economy' yakni menjual barang atau jasa yang tidak laku.

"Sebenarnya semua produk barang ataupun jasa akan ada masa low seasons. Maka dari itu, perlu dilakukan bundling atau hotdeals agar tetap ada penjualan," ujarnya.

Anang juga bilang, dengan memberikan harga yang sangat murah diharapkan dapat menarik wisatawan yang semula tidak ada rencana berwisata jadi ingin berwisata.

Untuk itu, tambah Anang, paket JHSR akan berlangsung selama tiga minggu selama Ramadan, yakni dimulai dari minggu pertama hingga seminggu sebelum hari Raya Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×