kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produksi Sewu Segar Nusantara meningkat 5%


Minggu, 20 Agustus 2017 / 21:05 WIB
Produksi Sewu Segar Nusantara meningkat 5%


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Tahun ini cuaca dan iklim akan lebih normal dibandingkan tahun 2015 dan 2016. Kondisi ini pun turut mempengaruhi kinerja anak perusahaan Gunung Sewu Kencana yang bergerak dalam bidang buah-buahan.

"Iklim yang lebih baik saat ini benar berpengaruh baik terhadap produksi buah-buahan yang datang dari kebun yang dikelola group Gunung Sewu, yaitu PT Nusantara Tropical Farm yang didistribusikan oleh kami, PT Sewu Segar Nusantara dengan brand Sunpride," tutur Martin Widjaja, Managing Director PT Sewu Segar Nusantara (SSN) kepada KONTAN, Rabu (16/8).

Pada kuartal I tahun ini, produksi SSN meningkat sekitar 5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Martin memang tidak menyebutkan secara rinci berapa besar jumlah produksi mereka pada kuartal I.

Menurut Martin, peningkatan ini bukan hanya akibat pengaruh peningkatan produksi kebun, melainkan juga dipicu pula oleh gaya hidup masyarakat yang turut berubah. "Produksi kami meningkat juga karena kesadaran masyarakat dengan gaya hidup sehat dengan hidup seimbang. Karena itu konsumsi buah dan sayur juga meningkat," tuturnya.

Sementara itu, perusahaan yang memasarkan buah-buahan seperti pisang, nanas, pepaya, jeruk, dan melon ini optimis mampu memproduksi 6 juta boks sampai akhir 2017. Menurut Martin, 1 boks sama dengan 13 kilogram. Artinya hingga akhir tahun SSN akan mampu memproduksi hingga 78.000 ton. Target ini meningkat sekitar 33% dibandingkan produksi tahun sebelumnya yakni 58.500 ton.

Martin berpendapat, dalam bisnis hortikultura seperti yang dijalankan SSN, tantangan terbesarnya ada pada manajemen rantai pasokan barang dan pendistribusian. Tak hanya itu, menurutnya masyarakat juga perlu diedukasi untuk lebih menerapkan pola hidup sehat. "Strategi kami ada pada supply chain management yang baik sehingga kualitas buah terus terjaga, distribusi yang merata, dan edukasi ajakan hidup sehat dengan meningkatkan konsumsi buah," tutur Martin

Ke depannya, SSN akan melakukan beberapa inovasi baru seperti meluncurkan Highland Cavendish Banana dan beberapa jenis buah baru seperti Jeruk Dekopon. "Tidak menutup kemungkinan di masa depan kami juga akan menyediakan ready pack buah potong dan lain lain," ungkap Martin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×