kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Red Planet (PSKT) belum merasakan efektivitas penurunan tarif tiket pesawat


Minggu, 23 Juni 2019 / 17:09 WIB
Red Planet (PSKT) belum merasakan efektivitas penurunan tarif tiket pesawat


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tarif batas pesawat yang telah diturunkan masih belum memberikan efek positif bagi perhotelan. Salah satunya, PT Red Planet Indonesia Tbk (PSKT) yang secara kuartalan masih belum mencatatkan pertumbuhan tingkat okupansi.

NG Suwito, Direktur Utama Red Planet Indonesia menyebutkan bahwa perbandingan tingkat okupansi antara kuartal I dan kuartal II ini masih sama. Lebih lanjut, kuartal I okupansi PSKT 68,5% dan kuartal II hingga Mei okupansinya 65,4%.

"Namun, Juni ini ada kenaikan sedikit jadi harusnya sampai akhir kuartal II bisa 65%-68%," kata Suwito kepada kontan.co.id, Jumat kemarin.

Sebelumnya, pemerintah telah menurunkan batas tarif tiket untuk layanan full service.Ssaat ini, pemerintah berencana menurunkan harga tiket pesawat domestik untuk penerbangan tarif murah atau low cost carrier (LCC).

Suwito menilai kebijakan tersebut belum memberikan dampak lantaran masyarakat juga baru kembali mudik. Selain itu, kebijakan tersebut baru diterapkan beberapa waktu lalu. Namun, ia juga berharap rencana penurunan tarif untuk LCC benar terjadi sehingga mendongkrak pengunjung dan memperbaiki industri perhotelan di semester II nanti.

Terkait keberhasilan kebijakan pemerintah melalui penurunan tarif pesawat, Suwito memproyeksikan baru akan terlihat akhir Juli nanti. Dari sana, pihaknya mengaku masih menunggu waktu untuk ekspansi.

Namun, ia menegaskan tahun ini pihaknya akan meluncurkan sesuatu yang baru. "Karena kami sudah menaikkan modal dasar menjadi Rp 4 triliun. Namun, untuk modal disetor belum karena harus persetujuan OJK dan bursa," kata Suwito.

Dia mengatakan, peluncuran produk baru akan dilakukan di Jakarta. Menurutnya, karena untuk ketujuh hotel PSKT, hotel yang lokasi di Jakarta mencetak kinerja paling baik. Sedangkan untuk luar Jakarta, hotel yang berada di Solo dan Palembang disebutnya masih baik. "Yang kurang baik itu di Pekanbaru dan Makassar," jelasnya.

Asal tahu saja, PSKT memiliki tujuh hotel yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, dan Makassar dengan total 1.058 kamar.

Dari situ, pihaknya juga akan membuat MICE yang disebutnya sangat prospektif. "Karena instansi pemerintah sudah mulai rapat-rapat di hotel jadi itu sangat membantu bisnis perhotelan. Sedangkan saat ini kami hanya kamar saja, untuk food and beverage juga outsource," pungkas Suwito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×