: WIB    —   
indikator  I  

Strategi Planet Ban menggenjot angka penjualan

Strategi Planet Ban menggenjot angka penjualan

KONTAN.CO.ID - Planet Ban terus melakukan ekspansi dan inovasi untuk terus bertumbuh tahun ini. Selain menjaga kualitas produk, gerai milik PT Surganya Motor Indonesia tersebut terus meningkatkan pelayanan. Salah satunya adalah layanan yang baik dan gerai yang bersih untuk membuat pelanggan nyaman.

Andy Haryoko, CEO PT Surganya Motor Indonesia mengatakan pihaknya susah menumbuhkan pasar, dengan memindahkan pembeli ban dari bengkel ke toko. Hal ini yang membuat perusahaan terus berekspansi, sampai akhir tahun ini perusahaan akan bangun 100 gerai baru untuk melengkapi 500 gerai yang sudah beroperasi.

"Kalau kami memang gerai ritel ban pertama, dibandingkan bengkel biasa layanan kami berbeda. Dari sisi alat pemasangan, cara pemasangan yang berbeda, dan kami ada fasilitas pengisian nitrogen," ujarnya kepada KONTAN, Kamis (10/8).

Selain itu, perusahaan juga mengatakan pelanggan memiliki banyak ragam pilihan produk di gerainya. Mulai dari ban model stylist, premium dan motif grid yang beraneka ragam. Selain itu, saat ini gerainya juga telah melengkapi beragam model ban untuk kebutuhan beragam tipe motor dengan didukung 20 perusahaan pemasok ban bermerek.

Lain dari itu, perusahaan juga tidak hanya menjual ban saja. Mengingat kebutuhan pelanggan yang membutuhkan layanan lebih, pihaknya juga mulai menjual komponen lainnya selain ban. Salah satunya adalah penjualan aki motor, yang sejauh ini direspon cukup positif oleh pelanggan.

"Kami tidak hanya ban, di luar ban ada produk lain seperti aki motor dan lainnya. Tetapi sejauh ini penjualan masih didominasi ban dengan persentase penjualan 80%," lanjutnya.

Oleh karena itu, perusahaan yakin tahun ini bisa mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 20-30%. Apalagi potensi pasar yang bisa digarap sangat besar, saat ini kontribusi penjualan melalui gerai ritel ban baru sebesar 10% dari total penjualan ban secara nasional.


Reporter Andy Dwijayanto
Editor Yudho Winarto

RITEL

Feedback   ↑ x
Close [X]