kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Target transaksi GIIAS 2018 minimal sama dengan tahun lalu


Selasa, 10 Juli 2018 / 22:09 WIB
Target transaksi GIIAS 2018 minimal sama dengan tahun lalu
ILUSTRASI. GAIKINDO Akan Adakan Dua Pameran Otomotif


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bakal digelar kembali. Acara yang bertema tema "Beyond Mobility" ini berlangsung pada 2-12 Agustus 2018 di ICE BSD City, Tangerang.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menjelaskan GIIAS kali ini bakal menjadi ajang informasi perkembangan industri otomotif nasional dan juga global. "Acara ini juga menjadi deklarasi Indonesia telah memasuki era Euro 4 dan yang kedua pemerintah berencana akan meluncurkan Alat Multiguna Pedesaan (AMMDes)," kata Nangoi, Selasa (10/7).

Tercatat lebih dari 40 kendaraan baru dan kendaraan konsep akan diluncurkan pada GIIAS 2018. Adapun merek kendaraan terlibat adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, FAW, Hino, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Bukan hanya mobil ada juga 8 motor baru baik konsep yang siap meluncur di GIIAS. Merek motor yang berpartisipasi adalah Benelli, BMW Motorrad, Harley-Davidson, Astra Honda Motor, Kawasaki, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Viar dan Yamaha.

Rizwan Alamsjah, Ketua III GaIKINDO yang juga Ketua Penyelenggara GIIAS 2018 mengatakan akan ada World Premiere serta peluncuran produk baru pertama kali di Indonesia. Selain itu sepeda motor dan sepeda motor komersial akan meluncurkan 8 motor baru dan konsep pada GIIAS 2018.

Agus Riyadi, Project Director Seven Event, mengatakan  jumlah peserta untuk merek kendaraan penumpang berjumlah 19 dan komersial enam, sehingga jumlahnya menjadi 25 atau mengalami penurunan dibanding tahun lalu. "Ada beberapa merek yang tidak jadi ikut, yaitu Renault, Kia, Volvo dan juga Porsche," kata Agus.

Agus menilai jumlah pengunjung diperkirakan akan sama dengan tahun lalu. Pihak penyelenggara menurutnya lebih mementingkan kenyamanan pengunjung. Sedangkan untuk jumlah transaksi pihaknya tidak menargetkan secara spesifik. Dari data internal, tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 497.000 pengunjung. "Serta nilai transaksi tahun lalu mencapai Rp 7,2 triliun atau sekitar 23.000 unit mobil. Kami harap nilainya minimal bisa sama atau lebih," kata Agus.

Menurut Agus salah satu pendorong penjualan yakni model baru. Hal tersebut diamini oleh beberapa Agen Pemegang Merk (APM).

Fedy Dwi Parileksono, Public Relations & Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia menjelaskan dengan makin banyaknya line up produk yang ditampilkan maka akan berbanding lurus dengan penjualan. Tahun ini Mazda juga bakal meluncurkan model baru di GIIAS 2018 melihat momentum salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. "Bila penjualan meningkat di GIIAS 2018 jadi sentimen positif bagi penjualan di semester II-2018," kata Fedy kepada KONTAN, Selasa (10/7).

Fedy menjelaskan penjualan akan minimal sama atau lebih dibanding hasil tahun lalu. Dari catatan KONTAN, dalam GIIAS 2017 Mazda meraup penjualan 743 unit.

Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors memprediksi penjualan Wuling tahun ini akan lebih dibanding tahun lalu. Tahun lalu Wuling mencatat penjualan sebanyak 624 unit Confero dan Confero S. "Tentu tahun ini akan lebih karena ada Wuling Cortez serta penambahan luas area booth kami," kata Dian, Selasa (10/7).

Dian mengaku di GIIAS 2018, Wuling telah menyiapkan model baru juga untuk mendorong penjualan. Hal ini tentunya akan berpengaruh bagi penjualan Wuling di area Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×