kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terbantu Google saat kebanjiran undangan ceramah


Selasa, 26 Maret 2013 / 10:33 WIB
Terbantu Google saat kebanjiran undangan ceramah
ILUSTRASI. Ini 4 Penyebab Ikan Hias di Akuarium Mati Mendadak


Reporter: Pravita Kusumaningtias, Havid Vebri, Barly Haliem | Editor: Havid Vebri

Setelah tidak lagi menjabat Wakil Presiden, Jusuf Kalla punya kesibukan baru. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini  mengungkapkan, saat ini ia sering diundang mengisi ceramah. Bahkan, dalam seminggu, bisa tiga sampai empat kali ia memberikan ceramah di berbagai tempat.

Tema ceramahnya tidak melulu soal bisnis dan ekonomi. Bahkan, tidak jarang ia diminta mengisi acara di bidang yang tidak dikuasainya. "Seperti tadi, saya diminta ceramah soal desain interior oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia," kata pria yang akrab disapa JK ini.   

Kendati demikian, JK mengaku selalu berusaha tampil maksimal di setiap kesempatan. "Untungnya ada "Pak Google" (mesin pencari Google) yang bisa bantu," katanya sembari tertawa.

Selain itu, JK juga mengaku lebih rajin membaca buku. Tidak hanya di dalam negeri, undangan mengisi ceramah juga datang dari luar negeri. Bulan ini misalnya, JK sudah mengantongi dua undangan mengisi ceramah di luar negeri, yakni di Singapura dan Nagoya, Jepang. Sebelumnya ia habis mengisi ceramah di Abu Dhabi dan Turki.

Setiap kali mengisi ceramah, ia selalu mendapat honor. Ia tak memasang tarif berceramah karena bukan itu tujuannya. Ia merasa senang bila ceramahnya  bermanfaat dan bisa berbagi pengetahuan. Lagi pula, acap kali honor yang ia terima  tak seberapa. "Honor ceramah Rp 2 juta, tapi buat biaya transportasinya habis Rp 100 juta," katanya sambil tertawa.

JK juga kerap mengisi ceramah di televisi. Kebetulan sampai saat ini ia masih memandu program acara Solusi JK di Kompas TV. Walaupun sudah setahun muncul di acara tersebut, JK nampaknya belum bosan. "Saya oke-oke saja karena lewat acara itu saya juga bisa memberikan pelajaran kepada masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×