kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga komponen penunjang proyek LRT Jabodetabek diproduksi Adhi Karya di Sentul


Rabu, 12 September 2018 / 21:13 WIB
Tiga komponen penunjang proyek LRT Jabodetabek diproduksi Adhi Karya di Sentul
ILUSTRASI. Box girder produksi pabrik PT Adhi Karya Tbk di Sentul


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Light rail transit Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek), merupakan proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya Tbk. Untuk memudahkan pengerjaan proyek tersebut, Adhi Karya menyewa kawasan di Sentul untuk dijadikan pabrik untuk beberapa komponen LRT Jabodebek.

Sebelum mengetahui progress LRT Jabodebek, perlu diketahui bahwa LRT Jabodebek memiliki tiga rute utama yakni Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas, dan Cawang – Bekasi Timur. Masing-masing sudah mencapai progress yang berbeda-beda jika dilihat dari kesiapan komponen infrastruktur yang terpasang agar kereta LRT bisa melintas.

PPIC Manager Precast Factory Adhi Karya, Putu Martha Santana menjelaskan, ada tiga kategori progress pada tiga rute yang berbeda-beda tersebut jika dilihat dari komponen yang terpasang. “Komponen itu ada U shaped girder, ada pier head mainline, dan u box girder and box girder ,” katanya, Rabu (12/9).

Untuk informasi, u-shaped girder merupakan beton yang umumnya memiliki panjang 30 meter (m) yang merupakan landasan tempat rel dipasang secara elevated atau di atas u-shaped memiliki bentuk seperti “u” sehingga ketika dipasang, tidak perlu dilakukan pengecoran tambahan untuk penyangga pada sisi kanan kiri girder.

Pier head merupakan komponen konstruksi yang berdiri di atas pilar, yang juga jadi penyangga u-shaped girder. Sementara box girder adalah komponen yang disusun satu per satu seperti susunan lego yang dipanjangkan yang nantinya berbentuk seperti jembatan.

Box girder sendiri memiliki fungsi yang sama seperti u-shaped girder, hanya saja, box girder bisa diaplikasikan ketika lintasan harus berkelok.

Untuk Cawang- Cibubur, kebutuhan U-Shaped Girder sebanyak 978 unit. Saat ini yang sudah terpasang sebanyak 968 unit atau 98,9%. Pier head sudah tercapai 100% dengan kebutuhan 439 unit. Sementara U box girder & box girder sudah terpasang 44 unit dari total kebutuhan 50 unit, atau 88%.

Untuk Cawang – Dukuh Atas, U-Shaped Girder yang terpasang baru 33,3% atau dari total 674 yang dibutuhkan baru 238 yang terpasang. Pier head mainline terpasang 83,9% dari total 249 sudah terpasang 209. U-Box Girder & Box Girder belum dipasang atau masih 0% dari total kebutuhan 148 unit.

Terakhir, Cawang – Bekasi Timur, U-Shaped Girder yang terpasang sudah 83,5% dari total 1192 sudah terpasang 995 unit. Pier head mainline terpasang 97,7% dari total 520 unit sudah 508 unit terpasang. Sementara U Box Girder & Box Girder baru 11,7% dari total 154 baru 18 yang terpasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×