kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,99   -23,74   -2.46%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol layang Jakarta-Cikampek diprediksi dilalui mobil 35.000 per hari


Senin, 23 September 2019 / 13:04 WIB
Tol layang Jakarta-Cikampek diprediksi dilalui mobil 35.000 per hari
ILUSTRASI. Proyek infrastruktur jalan tol layang di ruas tol Jakarta-Cikampek


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Tak kurang dari 70.000 kendaraan akan melintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur berharap, beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan mendistribusi volume lalu lintas kendaraan di ruas tol eksisting.

Baca Juga: Catat! Mulai 2020, truk ODOL dilarang masuk jalan tol

"Kami targetkan ada distribusi sekitar 40 hingga 50% dari angka tersebut yang akan naik ke jalan tol layang," kata Subakti dalam keterangan tertulis, Minggu (22/9).

Saat ini, imbuh dia, Jasa Marga tengah berkomunikasi dengan pemerintah terkais sistem pengoperasiannya. Pihaknya pun mengusulkan adanya integrasi tarif agar masyarakat tertarik melewatinya.

"Kami usulkan sistem tarif terintegrasi agar masyarakat dapat mudah memilih sesuai kebutuhan mau lewat atas atau lewat bawah," ujar Subakti.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit berharap, separuh pengguna Tol Jakarta-Cikampek eksisting dapat berpindah ke tol layang. Dari total lalu lintas harian rata-rata, sekitar 80 persen yang melintas di ruas eksisting merupakan kendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi.

"Harapan kita kan market terbesar Golongan I. Dari 80 persen, separuh bisa ke atas, separuh bisa ke bawah terbagi dua," kata Danang saat meninjau proyek, Kamis (19/9/2019).

Baca Juga: Mau tahu ada SPBU atau tempat kuliner di Rest Area? silakan unduh Aplikasi ITN

Pemerintah, imbuh dia, kini tengah menyusun skema tarif yang dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakannya. Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desy Arryani mengusulkan, untuk sementara hanya kendaraan Golongan I yang boleh melintas di ruas tol layang.

Hal itu disebabkan masih banyak truk yang melebihi muatan atau over dimension over load (ODOL) yang lalu-lalang di ruas tol eksisting. Menanggapi usulan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyetujuinya.

Meski dari aspek struktur tol layang ini mampu untuk menahan berat kendaraan bertonase besar (Golongan V), namun pembatasan ini juga agar membuat arus lalu lintas kian lancar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 35.000 Kendaraan Per Hari Diprediksi Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek

Penulis : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×