kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL-PBNU bangun ekosistem ekonomi kreatif


Senin, 22 Mei 2017 / 23:00 WIB
XL-PBNU bangun ekosistem ekonomi kreatif


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkolaborasi dalam memanfaatkan secara positif perkembangan teknologi digital. Melalui Program “XL NUsantara – Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital". Kedua pihak akan bersama-sama memfasilitasi anggota NU dan masyarakat luas agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif.

Ketua Umum Pengurus Besar NU, KH Said Aqil Siroj mengatakan, kolaborasi XL Axiata dengan PBNU merupakan wujud bersama seluruh stakeholder bangsa untuk menjaga NKRI dan memasyarakatkan Islam Nusantara. "Disisi yang lain diharapkan mampu menggerakkan potensi bangsa dan negara untuk memenangkan persaingan global,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Senin (22/5).

Pemanfaatan teknologi digital ini dimulai dari digitalisasi kepengurusan NU sendiri untuk mengefisienkan komunikasi antar pengurus, dari pengurus ke anggota, pengurus ke publik maupun antar anggota NU. Melalui platform digital, komunikasi menjadi lebih mudah dan interaktif dalam berbagai format baik tulisan, suara, gambar, maupun video.

Komunikasi multi arah dalam komunitas besar ini akan menstimulasi partisipasi aktif anggota menyampaikan ide dan aspirasi. "Hal ini diyakini akan mendorong kreativitas kolektif anggota komunitas NU untuk melahirkan inovasi-inovasi berupa program ekonomi, sosial maupun budaya," tambahnya.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata akan memberikan dukungan mewujudkan pusat komando di kantor PBNU, untuk keperluan penyediaan creative content berupa teks, audio atau video yang akan disiarkan ke seluruh warga NU di seluruh Indonesia melalui berbagai media digital.

"Selain itu, pusat komando tersebut juga akan bertindak sebagai sarana pelaporan tanggap darurat jika ada kejadian luar biasa di lingkup jamaah NU," katanya dalam keterangan yang sama.

Selanjutnya, program XL-NUsantara akan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital di Indonesia yang akan diwujudkan melalui beberapa bidang, terutama bidang pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, serta entertainment.

Dalam implementasinya, program ini nanti akan menggunakan pendekatan dan pengembangan Community, Collaboration, and Co-Creation yang terbuka bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×