kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL perkuat jangkauan sinyal di jalan tol baru


Senin, 19 Juni 2017 / 20:26 WIB
XL perkuat jangkauan sinyal di jalan tol baru


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Arus mudik akan segera mengalir dari Jakarta ke berbagai kota lain. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mempersiapkan infrastruktur pada sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional.

Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS dengan kemampuan mendukung jaringan 4G, di sejumlah lokasi. Tim teknis XL Axiata juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan – Kuala Namu.

I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL mengatakan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan. Sehingga infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut.

Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data. EXCL menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS.

"Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini," terang Gede dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Selasa (19/6).

Gede menambahkan, tim teknis XL Axiata sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan di jalan-jalan tol baru tersebut. Termasuk yang berada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan., antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan. Misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen.

Untuk menjaga kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

XL Axiata juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik/pulang kampung atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×