kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,74   -1,27   -0.14%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata (EXCL) bersinergi dengan penyedia layanan OTT melalui XL Home


Selasa, 08 September 2020 / 20:28 WIB
XL Axiata (EXCL) bersinergi dengan penyedia layanan OTT melalui XL Home
ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) tidak berhenti menyiapkan layanan inovatif yang bisa menjadi tumpuan bisnis di masa depan.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - -JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) tidak berhenti menyiapkan layanan inovatif yang bisa menjadi tumpuan bisnis di masa depan. Salah satunya, layanan XL Home yang terus dikembangkan kualitas layanannya, termasuk juga memperluas jaringannya.

Layanan broadband untuk segmen keluarga tersebut, telah mengembangkan cara atau model baru yang efektif untuk meningkatkan homepass. Seperti aktifitas mengakses layanan streaming memang paling banyak dilakukan oleh pelanggan, termasuk untuk XL Home. Streaming tersebut dilakukan ke berbagai layanan over the top (OTT) yang ada termasuk Youtube, Netflix, Instagram, TikTok dan sebagainya.

Selaku salah satu penyedia operator seluler di Indonesia telah menjalin sinergi dan kerjasama dengan para penyedia layanan OTT, salah satunya adalah dengan penyedia layanan video on demand (VOD) Netflix.

Selain dengan Neflix, EXCL juga menjalin kerjasama dengan mitra penyedia konten video lainnya/OTT, seperti misalnya Vidio, genflix, Viu, Google, Youtube, Facebook, Instagram, hingga TikTok.

"Peningkatan aktifitas streaming tersebut tentu mendorong meningkatnya penggunaan trafik layanan data, yang pada akhirnya juga tentu turut berkontribusi terhadap meningkatnya pendapatan layanan data," ujar Group Head Corporate Communication EXCL Tri Wahyuningsih kepada Kontan.co.id, Selasa (8/9).

Baca Juga: Permintaan data meningkat, pendapatan XL Axiata tumbuh 10% di semester I-2020

Hasilnya terbukti efektif dan turut meningkatkan jumlah sambungan yang saat ini sudah mencapai 65.000 pelanggan.

Terbuka untuk semua OTT

Adapun kerjasama yang dilakukan EXCL dengan mitra OTT tersebut tentunya berdasarkan kesepakatan bersama yang saling mendukung. Termasuk melalui skema revenue sharing dan skema bundling.

"Layanan XL terbuka untuk semua OTT dan ada beberapa yang disediakan kuota khusus seperti YouTube, iFlix, Viu, Netflix, TikTok dan lain-lain. Kami selalu mencoba menyediakan layanan yang menjadi kebutuhan dan yang relevan untuk pelanggan," jelas Ayu panggilan akbar Tri Wahyuningsih.

Saat ini, XL sebagai operator seluler di bawah naungan EXCL masih menyediakan layanan paket video streaming termasuk untuk layanan Netflix.

“Karena video streaming semakin menjadi tren. Dan pengguna XL yang mengakses video streaming, termasuk Netflix, sejak dulu juga selalu meningkat,” katanya.

Ayu menyebut, meningkatnya aktifitas streaming menikmati layanan video, movie dan sebagainya tentu mendorong meningkatnya trafik layanan, yang pada akhirnya juga turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan pendapatan layanan data.

Menurutnya, saat ini pendapatan layanan data mencapai lebih dari 90% terhadap total pendapatan layanan XL Axiata.

Hingga saat ini XL Home sudah melayani pelanggan di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung.

Asal tahu saja, layanan over-the-top adalah layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Layanan OTT bisa dikatakan menumpang karena  layanan ini beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi.

Selanjutnya: Mantan Menko Perekonomian Darmin Nasution jadi Presiden Komisaris Smartfren (FREN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×