Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menargetkan untuk terus memperbesar pasar ekspor mereka dari yang saat ini sekitar 45% dari total penjualan perseroan.
Vice President Director TMMIN, Warih Andang Tjahjono berharap ke depannya baik pasar ekspor maupun domestik bisa memberi kontribusi yang setara. "Dalam beberapa tahun kita targetkan bisa 50-50," katanya, Senin (27/1). Saat ini, Asia Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, hingga Afrika menjadi tujuan ekspor TMMIN.
Khusus untuk ekspor mobil, TMMIN yakin tahun ini kontribusi ekspornya bisa sampai 50%. Hal itu dikarenakan telah beroperasi penuhnya pabrik plant 2 di Karawang.
Dengan beroperasinya plant 2 akan menaikkan kapasitas produksi sebesar 25% menjadi 250.000 unit per tahun dari sebelumnya hanya 200.000 unit per tahun.
Pada tahun lalu, ekspor mobil dari TMMIN tercatat sebesar 66.129 unit. Berpatokan pada target di atas, maka penjualan perseroan ke luar negeri selama 2014 mencapai 99.193 unit. "Syukur-syukur bisa menembus 100.000 unit," kata Direktur TMMIN Made Dana Tangkas, Senin (27/1).
Selain karena peningkatan volume produksi, Made bilang ekspor tahun ini juga bakal ditolong oleh bertambahnya varian mobil yang bakal dijual ke luar negeri. "Tahun ini kita mulai ekspor mobil jenis sedan," lanjutnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News