kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3G XL jangkau 350 kota, kabupaten di Indonesia


Minggu, 27 November 2016 / 17:32 WIB
3G XL jangkau 350 kota, kabupaten di Indonesia


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (XL) melakukan perluasan layanan 3G setelah menggunakan frekuensi 900 MHz. Sejak dilakukan implementasi pada awal Oktober 2016 lalu, layanan 3G berkecepatan tinggi milik XL menjangkau sekitar 350 kota dan kabupaten di berbagai wilayah di Tanah Air, dari sebelumnya sekitar 40 kota.

Jangkauan layanan meningkat hingga 6 kali lipat ini merupakan Upaya XL memperluas layanan 3G untuk memenuhi target penyediaan infrastruktur pita lebar yang ada di dalam Indonesia Broadband Plan (IBP). 

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan perluasan jangkauan wilayah layanan 3G ini merupakan upaya XL untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Dengan adanya layanan 3G berkecepatan tinggi, akses ke internet dan layanan data menjadi lebih lancar.

"Kita sudah pahami bersama manfaat akses internet dan data untuk peningkatan kinerja dan produktivitas, yang pada ujungnya berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Kini pelanggan XL di pelosok-pelosok daerah pun bisa lancar mengakses internet," terang Yessie dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Minggu (27/11).

Yessie menambahkan, perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi ini akan terus dilakukan. Selanjutnya menyasar sekitar 150 kota-kota dan kabupaten lainnya hingga akhir tahun ini. Upaya perluasan layanan 3G ini juga seiring dengan implementasi layanan 4G yang juga juga terus meluas.

Dengan perluasan layanan 3G, berarti akan semakin banyak pengguna XL kini beralih dari layanan 2G ke layanan 3G. Artinya, mereka semakin siap untuk selanjutnya meningkat ke layanan 4G di masa mendatang. "Apalagi, penetrasi layanan 4G juga cukup massif hingga ke kota-kota kecil," katanya.

Secara lebih umum, untuk memastikan agar pengguna mendapatkan manfaat maksimal dari layanan semua jenis layanan, XL meningkatkan kualitas jaringan di semua wilayah layanan. Baik dengan memperluas ke daerah baru, maupun dengan meningkatkan kapasitas jaringan yang sudah ada.

Perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi ini tidak hanya di Jawa, tetap juga di luar Jawa. XL memberi perhatian khusus pada daerah di luar Jawa. Seiring dengan arah pelaksanaan pembangunan ekonomi yang dijalankan pemerintah saat ini. "Termasuk pembangunan berbagai infrastruktur yang akan memangkas kesenjangan kemajuan antardaerah," ungkapnya.

Beberapa kota baru yang saat ini sudah terjangkau layanan 3G berkecepatan tinggi ini merupakan daerah yang cukup pelosok. Namun memiliki sumberdaya alam yang melimpah. XL berharap, tersedianya layanan 3G di sana akan bisa mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian setempat.

Penambahan layanan 3G XL ini mencakup area yang sangat luas. Untuk itu, XL juga menambahkan kapasitas transport dan backbone antarpulau untuk memastikan penambahan trafik di area 3G akan dapat terhubung dengan baik dengan area lainnya. Pada tahap awal, hingga saat ini, layanan 3G berkecepatan tinggi ini didukung oleh lebih dari 11.000 BTS 3G baru yang telah dibangun dan akan terus bertambah ke depannya. 

XL telah menyiapkan jaringan untuk proyek 3G berkecepatan tinggi. Termasuk dengan melakukan serangkaian ujicoba untuk memastikan layanan ini bisa digunakan dengan baik. Kini pengguna XL bisa menggunakan layanan ini karena rata-rata ponsel 3G yang dijual di pasar saat ini sudah bisa mengakses layanan data di frekuensi 900 MHz. Karena itu, XL yakin perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi hingga ke pelosok daerah akan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×