kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rangkaian Kereta Api Cepat Tiba di Depo Tegalluar, KCIC Kini Miliki 6 Rangkaian EMU


Jumat, 10 Februari 2023 / 10:08 WIB
4 Rangkaian Kereta Api Cepat Tiba di Depo Tegalluar, KCIC Kini Miliki 6 Rangkaian EMU
ILUSTRASI. Pekerja dengan dibantu alat berat menurunkan gerbong kereta api cepat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022). 4 Rangkaian Kereta Api Cepat Tiba di Depo Tegalluar, KCIC Kini Miliki 6 Rangkaian EMU.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pengiriman Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kloter kedua telah tiba seluruhnya di Depo Tegalluar. Hingga kini KCJB memiliki 4 rangkaian EMU atau sebanyak 32 kereta KCJB telah tiba seluruhnya. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menjelaskan, seluruh rangkaian EMU KCJB tiba dengan selamat di Depo Tegalluar. Tidak ada kendala yang berarti selama proses pengiriman rangkaian EMU dari lokasi penyimpanan di wilayah Cakung.

“Untuk memastikan keamanan proses pengiriman, KCIC juga terus berkordinasi dengan seluruh stakeholder terkait seperti Korlantas Polri, Jasa Marga, BPJT Kementerian PUPR, serta para kontraktor dan konsultan proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung,” ujar Rahadian. Dalam keterangan resmi, Jumat (10/2). 

Baca Juga: Proyek LRT Jabodebek Hampir Capai 90%, Kapan Beroperasi?

Dalam pengirimannya, setiap rangkaian EMU dilepas satu persatu untuk dikirim secara satuan menggunakan truk berkekuatan 279 ton.

Jumlah pengiriman setiap harinya dibatasi hanya sebanyak 2 unit kereta dalam setiap perjalanan. Dibutuhkan total waktu 2 hari dalam setiap perjalanan pengiriman EMU tersebut untuk memastikan keamanan dan keselamatan petugas maupun seluruh pengguna jalan tol.

KCIC juga memastikan Depo Tegalluar dalam kondisi yang steril dari berbagai alat berat agar rangkaian EMU dapat langsung ditempatkan pada track. 

Rahadian mengatakan, kedatangan 4 rangkaian EMU ini menambah daftar EMU KCJB yang telah tiba di Indonesia menjadi 6 rangkaian dari 11 rangkaian yang direncanakan untuk operasional KCJB. 

Baca Juga: Proyek LRT Jabodebek Sudah Capai 89,11%, Juli Mulai Operasi

“Pengiriman 5 rangkaian EMU ke Indonesia akan terus dilakukan secara bertahap hingga akhir April 2023,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×