kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

71 Perusahaan Batubara Belum Penuhi Kewajiban Pasokan Batubara ke PLN


Rabu, 10 Agustus 2022 / 13:42 WIB
71 Perusahaan Batubara Belum Penuhi Kewajiban Pasokan Batubara ke PLN
ILUSTRASI. Suasana bongkar muat batubara untuk kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/2/2022). Ada 71 perusahaan yang belum memenuhi kewajibannya memasok batubara untuk PT PLN sampai dengan Juli 2022.

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih banyak perusahaan batubara yang belum memenuhi kewajiban memasok batubara ke PLN. Menteri ESDM Arifin Tasrif mencatat ada 71 perusahaan yang belum memenuhi kewajibannya memasok batubara untuk PT PLN sampai dengan Juli 2022.

Kementerian ESDM telah memberikan surat penugasan pasokan batubara kepada pemegang IUP dan IUPK serta  PKP2B untuk PLN pada Juli 2022. Telah diterbitkan surat penugasan kepada 123 badan usaha pertambangan dengan total volume penugasan sebesar 18,89 juta ton.

“Adapun realisasinya sampai Juli baru mencapai 8,03 juta ton dari 52 perusahaan," jelasnya dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR RI bersama Kementerian ESDM dan PLN, Selasa (9/8).

Baca Juga: Perusahaan Cenderung Ekspor, Pasokan Batubara ke PLN Kembali Turun

Arifin menegaskan, Kementerian ESDM terus memantau komitmen badan usaha yang belum melaksanakan penugasan. Terhadap badan usaha yang tidak melaksanakan penugasan tanpa ada keterangan yang jelas, maka fitur ekspor pada aplikasi Minerba Online Monitoring System atau MOMS akan segera terblokir.

Adapun saat ini terdapat 71 badan usaha yang tidak atau belum dapat melaksanakan penugasan. Sebanyak 48 perusahaan tidak melaporkan kendala yang dihadapi.

Lalu perusahaan lainnya, yakni 5 badan usaha mengakui alami kendala cuaca ekstrem di tambang yang menghambat kegiatan operasional.

Kemudian 12 perusahaan memiliki spesifikasi batubara yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Lalu 2 perusahaan mengalami kendala beroperasi karena persoalan lahan dan 4 perusahaan kesulitan mendapatkan atau sewa moda angkutan batubara.

Baca Juga: Tren Pasokan Batubara Melandai, PLN: Jika Berlarut-larut Bisa Krisis Lagi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×