kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada investasi baru, Sreeya Sewu Indonesia (SIPD) siapkan capex tiga kali lebih besar


Minggu, 06 Juni 2021 / 14:24 WIB
Ada investasi baru, Sreeya Sewu Indonesia (SIPD) siapkan capex tiga kali lebih besar
ILUSTRASI. Ada investasi baru, Sreeya Sewu Indonesia (SIPD) siapkan capex tiga kali lebih besar


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk (SIPD) membidik pertumbuhan penjualan hingga dua digit di tahun ini. Untuk memuluskan target bisnisnya tersebut, SIPD pun menganggarkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) tiga kali lebih besar dari modal kerja tahun lalu. 

Chief Financial Officer yang juga Corporate Secretary Sreeya, Sri Sumiyarsi mengungkapkan, 35% dari dana capex yang disiapkan merupakan modal biaya baru untuk investasi strategis di unit usaha farm, sebagai upaya untuk meningkatkan utilisasi unit feedmill. 

"Kemudian dua per tiganya adalah merupakan belanja rutin, termasuk memenuhi biaya modal yang ditunda tahun lalu karena antisipasi krisis Covid-19," ungkap Sri kepada Kontan.co.id, Kamis (3/6) lalu. 

Sri berujar, dana capex di tahun ini berasal dari dua sumber berbeda yakni, kas internal perusahaan dan juga pinjaman bank. Seperti yang disampaikan dalam pemberitaan Kontan.co.id (20/5) sebelumnya, SPID baru saja menandatangani perjanjian fasilitas kredit dengan PT Bank QNB Indonesia Tbk pada 17 Mei lalu.

Baca Juga: Kinerja membaik, simak rekomendasi saham-saham poultry berikut ini

Melalui perjanjian tersebut, SPID mendapatkan fasilitas kredit berupa kredit modal kerja (KMK) sebesar Rp 50 miliar dengan suku bunga sebesar 8,50% per tahun.

Selain itu, SIPD juga mendapat KMK invoice financing sebesar Rp 150 miliar dan suku bunga sebesar 8,25%, serta fasilitas kredit lindung nilai (forex line sport & forward uncommitted) sebesar Rp 75 miliar.

Hingga akhir Maret 2021, SIPD berhasil menorehkan kinerja penjualan yang cukup memuaskan. Melansir laporan keuangan perseroan, SIPD berhasil mengerek penjualan 13,31% yoy dari semula Rp 1,13 triliun pada kuartal I-2020 menjadi Rp 1,28 triliun. Namun, dari sisi laba tahun berjalan turun 63,86% yoy menjadi Rp 10,53 miliar pada kuartal I-2021. 

Sedikit informasi, SIPD merupakan perusahaan yang bergerak di bidang budidaya ayam ras pedaging, budidaya ayam ras petelur, pembibitan ayam ras, kegiatan rumah potong dan pengepakan daging unggas, industri pengolahan dan pengawetan produk daging dan daging unggas, serta industri ransum makanan hewan.

Selanjutnya: Laba Sreeya Produce (SIPD) anjlok 63,86% pada kuartal I 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×