kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada KTT ASEAN, Lokasi dan Tanggal penyelenggaraan IPA CONVEX 2023 Berubah


Jumat, 21 April 2023 / 16:45 WIB
Ada KTT ASEAN, Lokasi dan Tanggal penyelenggaraan IPA CONVEX 2023 Berubah
ILUSTRASI. Indonesian Petroleum Association (IPA) memutuskan perubahan tempat dan waktu penyelenggaraan Pameran dan Konvensi IPA Convex 2023.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Direksi Indonesian Petroleum Association (IPA) memutuskan perubahan tempat dan waktu penyelenggaraan Pameran dan Konvensi IPA Convex 2023.

Seturut perubahan jadwal ini, jadwal konvensi IPA  ke-47 yang semula hendak digelar pada 24-26 Mei 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut berubah menjadi  pada 25-27 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang.

Direktur Eksekutif IPA, Marjolijn Wajong menjelaskan, hal ini diputuskan untuk mendukung persiapan keketuaan Indonesia dalam ajang ASEAN Summit 2023 yang akan berlangsung di Jakarta pada September 2023, di tempat yang sama dengan IPA Convex 2023 sebelumnya yaitu Jakarta Convention Centre.

Keputusan tersebut, kata Marjolijn, diambil setelah berdiskusi yang cukup panjang antara IPA dengan sejumlah pihak, mulai dari Dyandra Promosindo, manajemen JCC, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Keputusan ini diambil setelah berbagai diskusi dan pertimbangan selama 2 bulan terakhir. Meski demikian, kami ingin memastikan perubahan jadwal dan lokasi berjalan dengan baik dan lancar. Kami akan berupaya yang terbaik agar para partisipan tetap dapat mengikuti IPA Convex dengan nyaman,” ujarnya dalam siaran pers yang dirilis belum lama ini.

Baca Juga: Pertamina Raih Laba Bersih Rp 56,6 Triliun di 2022, Naik Hingga 86%

Seperti diketahui, ASEAN Summit 2023 bakal digelar pada Mei dan September 2023. Dalam konteks acara tersebut, Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian PUPR untuk mempersiapkan seluruh akomodasi dan infrastruktur yang akan digunakan, termasuk JCC yang akan digunakan sebagai lokasi acara pada September 2023.

Sejalan dengan hal ini, JCC akan direnovasi pada periode Mei hingga Agustus 2023 untuk persiapan lokasi acara ASEAN Summit 2023. Informasi ini diterima oleh pihak IPA pada Maret lalu.

Ketua Panitia IPA Convex 2023, Krishna Ismaputra memastikan,  IPA Convex 2023 akan tampil jauh lebih baik kendati ada perubahan tempat dan tanggal dengan tetap memperhatikan hal-hal yang harus disesuaikan karena lokasi acara berada di luar kota Jakarta.

Sejumlah fasilitas yang akan disediakan Panitia IPA Convex 2023 antara laini free-shuttle dari dan ke Jakarta dan pengadaan area co-working space hingga 200 titik dengan dilengkapi koneksi internet dan panganan ringan gratis agar para peserta konvensi dan pengunjung pameran tetap dapat melakukan pekerjaannya meski seharian berada di area IPA Convex 2023.

“Para peserta tetap bisa bekerja secara remote menggunakan laptop tanpa perlu khawatir kehabisan waktu di perjalanan dari dan menuju ICE BSD,” ujarnya.

Lebih lanjut, Krishna membahas soal rencana kolaborasi antara IPA Convex dengan penyelenggaraan ASEAN Summit. Dengan mengambil tema “ASEAN Matters, Epicentrum of Growth”, dia meyakini fokus pada ASEAN Summit akan sejalan dengan topik-topik diskusi pada IPA Convex 2023.

“Topik pembahasan pada kedua acara ini akan sangat relevan dan sangat berhubungan. Ditambah lagi, tahun ini IPA Convex akan menerbitkan kajian menyeluruh yang kami sebut dengan IPA White Paper. Diharapkan dokumen itu dapat menjadi rekomendasi dari Pemerintah Indonesia di dalam mengimplementasikan kebijakan terkait ketahanan energi pada era transisi energi,” imbuhnya.

Sedikit informasi, IPA Convex 2023 bakal menghadirkan rangkaian konvensi selama tiga hari antara lain tiga Plenary Session, Ministerial Messages yang merupakan diskusi antara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dengan Presiden IPA untuk membahas roadmap menuju net zero emission tahun 2060, CEO’s Industry Outlook yang menghadirkan empat CEO perusahaan energi,dan satu Special Topic.

Selain itu, menyoal Technical Program, sebanyak lebih dari 100 paper akan dipresentasikan hasil makalahnya dengan cakupan berbagai topik, serta 2 Core Workshop dan 1 Special Topic

Menurut catatan IPA, IPA Convex 2023 akan diikuti kurang lebih 100 perusahaan di exhibition hall. Pada IPA Convex tahun ini juga akan ada Youth Program yang merupakan program khusus untuk para mahasiswa yang tertarik mengenai industri energi hingga mengetahui karir-karir yang tersedia di perusahaan energi.

Baca Juga: Industri Migas Sambut Transisi, IPA Convex 2023 Bakal Digelar di ICE BSD Tangerang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×