kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ada pendemi Covid-19, pangsa pasar ritel Daihatsu naik ke 18,2% di empat bulan 2020


Jumat, 15 Mei 2020 / 10:24 WIB
Ada pendemi Covid-19, pangsa pasar ritel Daihatsu naik ke 18,2% di empat bulan 2020
ILUSTRASI. Penjualan ritel Daihatsu di empat bulan pertama 2020 capai 44.346 unit


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil memperkokoh penguasaan pangsa pasar ritel di empat bulan pertama tahun ini. 

Buktinya, sepanjang Januari-April 2020, agen pemegang merek (APM) mobil Daihatsu ini membukukan penjualan ritel sebesar 44.346 unit, setara dengan 18,2% dari volume penjualan ritel nasional yang sebesar 243.634 unit. 

Jumlah ini sedikit lebih tinggi bila dibanding pangsa pasar ritel Daihatsu di tiga bulan pertama tahun ini yang sebesar 17,9%.

Baca Juga: Andalkan Digiroom, Auto2000 siap hadapi persaingan di era new normal

Secara terperinci, sebagian besar penjualan Daihatsu di empat bulan pertama masih didominasi oleh Sigra yang menyumbang penjualan sebanyak 12.868 unit atau setara dengan 29% dari total penjualan.

Posisi kedua dan ketiga berasal dari penjualan Gran Max (PU) sebesar 8.805 unit atau setara dengan 19,9% total penjualan yang kemudian diikuti oleh penjualan Terios yang tercatat sebanyak 7.131 unit atau setara dengan 16,1%.

Sisa penjualan lainnya berasal dari penjualan Ayla  yang sebanyak 5.332 unit (12,0%), Xenia 5.092 unit (11,5%), dan Gran Max (MB) 3.911 unit (8,8%), serta model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, yang mencapai 1.207 unit (2,7%).

Di sisi lain, Daihatsu juga membukukan penjualan wholesales sebesar 49.443 unit. Dengan raihan ini, Daihatsu meraih pangsa pasar sekitar  20,2% dari volume wholesales nasional yang sebesar 244.762 unit.

Sampai dengan saat ini, Daihatsu terus menerapkan peraturan pemerintah tentang PSBB dengan menghentikan produksi sementara di pabrik. Dalam hal pelayanan, outlet dan bengkel resmi di Jakarta dan wilayah yang menerapkan PSBB juga memberhentikan sementara operasionalnya. 

Meski begitu, pelanggan masih dapat mengakses layanan Daihatsu via online melalui www.astra-daihatsu.id dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

“Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×