kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adhi Karya (ADHI) ADHI Raih Penghargaan untuk Program CSR Pendanaan UMK Mitra Binaan


Senin, 14 November 2022 / 17:25 WIB
Adhi Karya (ADHI) ADHI Raih Penghargaan untuk Program CSR Pendanaan UMK Mitra Binaan
ILUSTRASI. Perusahaan konstruksi Adhi Karya. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) raih Anugerah CSR dari IDX Channel tahun 2022 untuk kategori Economic Development Initiatives atas Program Corporate Social Responsibilites – CSR yang dilakukan, yakni Kolaborasi Pendanaan UMK Mitra Binaan Semarang, yaitu Dukung UMKM Masuk Hotel sebagai pelopor Pemanfaatan Usaha Menengah Kecil – UMK di sektor Perhotelan.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko ADHI A.A.G. Agung Dharmawan.

Pelaksanaan kegiatan CSR ini merupakan perwujudan selarasnya penerapan GCG dalam menjalankan proses bisnis Perusahaan secara konsisten dan berkelanjutan. Lebih luas lagi, pelaksanaan CSR ADHI beriorientasi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan – TPB serta ISO 26000 tentang Social Responsibility.

Hal ini sebagai upaya memulihkan ekonomi dan memperluas jangkauan pemasaran produk UMK, khususnya bagi para produsen produk lokal.

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) Raih Dana Segar Rp 2,6 Triliun dari Rights Issue

ADHI telah berinisiatif dengan melakukan inovasi CSR dalam bentuk pengembangan UMK yang sejalan dengan salah satu lini bisnis perusahaan sehingga dapat menciptakan nilai bersama (Creating Shared Value) bagi bagi mitra selaku penerima manfaat maupun ADHI selaku pemberi manfaat.

Dalam kerja sama ini, ADHI melibatkan 6 mitra binaan di Semarang dan sekitarnya, sebagai pemasok kebutuhan industri dalam proses bisnis perhotelan. Salah satu mitra binaan merupakan pengusaha mikro dari kelompok masyarakat disabilitas, yakni Difabel BJ Home Made.

Komunitas ini merupakan kelompok usaha yang memiliki keterampilan dalam memproduksi alas kaki yang digunakan sebagai sandal kamar hotel.

Mitra binaan lain yang menjadi bagian dari program ini, antara lain Tangan Tangen pengolah kopi, Mr. K distributor hasil olahan peternakan, serta Yasata produsen telur ayam dan ayam potong. Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong pengembangan UMK melalui kegiatan pemetaan produk UMK.

Hal ini untuk melihat potensi pemanfaatan sesuai dengan kebutuhan jasa perhotelan, maupun kolaborasi program tanggung jawab sosial dan lingkungan Perseroan dalam pengembangan produk UMK.

Agung Dharmawan, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko ADHI menjelaskan, dalam proses bisnisnya ADHI terus kolaboratif untuk berinovasi menjalankan proses bisnis yang dikerjakan.

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) Raih 2 Kontrak Baru Pembangunan Rumah Sakit

“Bentuk nyata yang ADHI lakukan adalah komitmen penerapan GCG dengan berperan aktif melakukan berbagai inisiatif CSR, yang salah satunya melakukan pemberdayaan UMK yang dekat dengan lingkungan Perusahaan,” kata Agung Dharmawan dalam keterangan resminya (14/11).

Upaya pemberdayaan UMK ini akan dilanjutkan ke industri perhotelan lain, sehingga mampu menjadi pelopor inisiasi UMK sebagai pemasok kebutuhan di bisnis perhotelan. ADHI juga turut memastikan produk-produk UMK yang digunakan hotel, telah memiliki sertifikasi jaminan kesehatan dan mutu khusus dalam pengolahan bahan makanan.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Erick Thohir selaku Menteri BUMN RI juga mendapatkan penghargaan sebagai “Visionary Leader In Orchestrating Sustainable CSR Initiatives”. Hal ini menjadi wujud nyata komitmen BUMN terhadap pembangunan berkelanjutan yang dapat memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×