kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agen Pemegang Merek (APM) Otomotif Mulai Gencar Berbisnis Mobil Bekas


Selasa, 26 September 2023 / 18:31 WIB
Agen Pemegang Merek (APM) Otomotif Mulai Gencar Berbisnis Mobil Bekas
ILUSTRASI. Pasar mobil bekas semakin ramai di Indonesia,/pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/14/09/2023.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil bekas semakin ramai di Indonesia. Agen pemegang merek (APM) otomotif pun kini ikut berkecimpung secara langsung di bisnis mobil bekas.

Salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) yang telah membuka tiga dealer mobil bekas bersertifikasi di sejumlah kota. Setelah mengoperasikan dealer certified used car Honda Primauto di Kelapa Gading, Jakarta dan Honda Ambara Usedcar di Sawangan, Depok, HPM kembali membuka dealer mobil bekas Honda Bintang Used Car di Cimone, Tangerang pada Jumat (22/9).

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor menyampaikan, kehadiran dealer mobil bekas ini ditujukan untuk memberi kemudahan bagi konsumen yang hendak membeli mobil baru dengan cara tukar tambah dengan mobil lama mereka.

“Dealer ini juga ditujukan bagi konsumen yang mencari mobil bekas Honda yang bersertifikasi,” imbuh Billy, Minggu (24/9) lalu.

Baca Juga: Ini Kekhawatiran Multifinance Terhadap Pembiayaan Kendaraan Listrik

Asal tahu saja, Honda Certified Used Car merupakan sertifikasi yang secara resmi diberikan oleh Honda kepada mobil bekas Honda dengan pemakaian di bawah 5 tahun dan telah melalui pemeriksaan kualitas secara menyeluruh, serta direkondisi dengan menggunakan suku cadang asli Honda. Segala pemeriksaan dan perbaikan dilakukan oleh teknisi Honda yang terlatih sehingga kendaraan memiliki kualitas terjamin serta harga yang bersaing.

Di samping itu, bagi konsumen yang sudah memiliki mobil Honda dan ingin menggantinya dengan mobil Honda baru, konsumen dapat melakukan trade-in atau tukar tambah secara mudah dan praktis dengan menjual mobil bekasnya ke Dealer Honda Certified Used Car yang merupakan mitra resmi dari dealer resmi Honda. Pada saat yang sama, konsumen dapat membeli mobil Honda baru di dealer resmi Honda.

Billy menyebut, sangat memungkinkan bagi HPM untuk kembali memperluas jaringan dealer mobil bekas Honda dalam beberapa waktu mendatang. Hal ini tentu dengan mempertimbangkan kondisi permintaan konsumen di berbagai daerah Indonesia.

Sementara itu, Toyota yang terafiliasi dengan Grup Astra juga memiliki bisnis mobil bekas melalui PT Astra Auto Trust. Perusahaan ini menjual beragam macam mobil bekas resmi buatan Toyota.

General Manager Astra Auto Trust David Tuerah menyebut, saat ini pihaknya telah mengoperasikan 7 dealer Astra Auto Trust yang tersebar di Kalimalang dan Bintaro untuk wilayah Jakarta; Bandung Cibiru, Karawang, Cibinong untuk wilayah Jawa Barat; Medan untuk wilayah Sumatera Utara; dan Surabaya untuk Jawa Timur.

Tren penjualan mobil bekas di Astra Auto Trust cukup dinamis dan pada dasarnya polanya mengikuti penjualan mobil baru. Contohnya, ketika ada momentum seperti perayaan hari besar atau pameran otomotif skala nasional, maka penjualan mobil bekas ikut terangkat. Konsumen mobil bekas Astra Auto Trust juga bermacam-macam, baik itu konsumen individu maupun korporasi.

Baca Juga: Bisnis Otomotif Tumbuh, Simak Rekomendasi Saham ASII Berikut Ini

“Varian mobil bekas yang terjual di Astra Auto Trust cukup banyak, terutama model Avanza, Innova, dan Rush,” kata dia, Selasa (26/9).

David menambahkan, Astra Auto Trust berusaha memberikan kenyamanan dan jaminan bahwa mobil bekas yang dibeli di dealer tersebut merupakan produk terbaik. Hal ini terbukti dengan adanya garansi yang diberikan oleh Toyota Astra Motor (TAM) untuk mobil-mobil bekas di Astra Auto Trust yang tentu memiliki kualitas sesuai dengan persyaratan.

Masih terkait dengan Grup Astra, BMW Astra juga turut menyediakan layanan jual-beli mobil bekas BMW di sejumlah dealer-nya, seperti di Serpong, Pluit, Cilandak, Sunter, dan beberapa kota lain di Indonesia.

Model yang tersedia di dealer mobil bekas BMW cukup lengkap, baik sedan maupun SUV. Rentang usia mobil bekas yang diperjualbelikan BMW Astra pun beragam mulai dari 3 bulan sampai maksimal 7 tahun pemakaian, atau pembelian 2016 silam.

“Ada yang tiga bulan sudah jadi used car, tapi bukan berarti mobilnya bermasalah. Memang seperti itulah karakter konsumen,” kata Operation Manager Used Car BMW Astra Terry Tham saat konferensi pers, bulan Agustus lalu.

Indomobil Group juga merambah bisnis mobil bekas melalui PT Goodcar Indo Ciptakreasi yang memiliki platform goodcar.id. Dikutip dari situs resminya, Goodcar menyediakan layanan pembelian mobil bekas maupun tukar tambah. Tercatat Goodcar memiliki 82 dealer dan titik inspeksi.

Baca Juga: BKPM Waspadai Teknologi Recycle Baterai Mobil Listrik di Eropa, Ini Alasannya

Menariknya, Goodcar tidak hanya menyediakan mobil bekas milik Indomobil saja seperti Nissan dan Suzuki. Model lain yang di luar Indomobil Group juga dijual oleh Goodcar seperti Honda, Mitsubishi, Toyota, dan Daihatsu.

Sementara itu, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto menyebut, adanya sejumlah APM yang terjun membuka lini bisnis mobil bekas menjadi pertanda bahwa pasar mobil tersebut sangat menarik di Indonesia.

Harus diakui bahwa banyak konsumen tertentu yang lebih suka memilih mobil bekas untuk beberapa merek atau tipe tertentu dengan berbagai alasan. Hal ini yang membuat bisnis mobil bekas memiliki potensi cuan yang menjanjikan bagi para pelaku usaha di dalamnya.

“Pasar mobil bekas akan terus ada dan berkembang di Indonesia,” tandas dia, Selasa (26/9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×