kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AirAsia tetapkan rute baru


Selasa, 31 Agustus 2010 / 09:00 WIB
AirAsia tetapkan rute baru


Reporter: Gentur Putro Jati |



JAKARTA. PT Indonesia AirAsia (IAA) akhirnya menetapkan sejumlah rute pengganti rute Jakarta-Medan dan Jakarta-Surabaya yang akan ditutup mulai 1 Oktober 2010.

Presiden Direktur IAA Dharmadi menjelaskan dua rute gemuk tersebut akan digantikan dengan menambah frekuensi sejumlah rute yang sudah dilayani IAA serta membuka rute yang benar-benar baru.

Rute yang ditambah frekuensinya adalah Surabaya-Kuala Lumpur sebanyak satu kali penerbangan. Saat ini rute tersebut dilayani empat kali dalam sehari. Sementara, rute baru dari Kota Pahlawan itu adalah Surabaya-Bangkok dan Surabaya-Penang masing-masing sebanyak satu kali penerbangan dalam sehari.

Kemudian, rute yang akan ditambah frekuensinya sebanyak satu kali dari Medan adalah Medan-Kuala Lumpur dan Medan-Penang yang saat ini sudah dilayani IAA sebanyak dua kali dalam sehari.

"Yang terbaru dari Medan adalah penerbangan menuju Bangkok diteruskan ke Hongkong atau Macau. Keputusannya ditentukan sebelum 1 Oktober saat dua rute Jakarta-Medan dan Jakarta-Surabaya kami tutup," kata Dharmadi, Senin (30/8) malam.

Menurut Dharmadi, maskapainya menargetkan bisa menggaet sebanyak mungkin wisatawan asing yang ingin datang ke Indonesia atau wisatawan lokal yang ingin keluar negeri dengan membuka rute-rute baru tersebut, sehingga IAA bisa berkontribusi memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki Indonesia ke kawasan ASEAN.

"Rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Medan sebenarnya bagus karena load factor selalu diatas 80%. Tapi, sebagai grup, kebijakan bisnis kami tidak mengarah ke sana tapi akan lebih banyak mengembangkan rute internasional, makanya kami tutup. Di akhir tahun komposisi penerbangan IAA akan menjadi 80% internasional dan 20% domestik," jelasnya.

Selain rute-rute yang sudah disiapkan untuk mengganti dua penerbangan gemuk diatas, IAA menurutnya juga akan membuka sejumlah rute baru lainnya. Antara lain Bandung-Penang, Bandung-Brunei, Bandung-Bangkok, Jogjakarta-Kuala Lumpur, Makassar-Hongkong, dan Jakarta-Filipina.

Seluruh rute itu baru dibuka paling tidak setelah IAA menambah jumlah pesawatnya. Saat ini IAA mengoperasikan 11 pesawat Airbus A320. Rencananya sampai akhir tahun, maskapai yang identik sebagai low cost carrier itu akan mendatangkan 3 lagi A320 dengan jadwal kedatangan pesawat ke 12 sampai 14 di bulan Oktober-Desember. Seluruh pesawat A320 itu akan menggantikan 4 Boeing 737-300 yang sudah habis masa sewa nya dan harus dikembalikan pada periode Juli-Oktober.

"Untuk Jakarta-Filipina kami proyeksikan mulai dilayani tahun depan. Dari lima negara besar di ASEAN, hanya Brunei dan Filipina yang belum kami layani," pungkas Dharmadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×