kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akan ada tiga trayek baru tol laut


Kamis, 25 Oktober 2018 / 15:40 WIB
Akan ada tiga trayek baru tol laut
ILUSTRASI. GERBANG TOL LAUT SUMATERA


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program tol laut digulirkan untuk memudahkan distribusi pangan ke daerah Indonesia bagian timur yang sulit dijangkau. Sejauh ini pemerintah sudah membangun tiga tol laut yakni di Jakarta, Teluk Bayur dan Surabaya dengan 15 trayek dan akan ditambah tiga trayek lagi.

Adapun 15 trayek yang sudah beroperasi antara lain; T – 1 dengan rute Teluk Bayur – Nias – Mentawai – Enggano dan Bengkulu. Untuk T – 2 dengan rute, Tanjung Priok – Tanjung Batu – Blinyu – Trempa – Natuna – Midai – Serasan. Untuk T – 3, Tanjung Priok – Belang Belang – Sangatta – Nunukan – Sebatik – Tanjung Perak. Untuk T – 4 , Tanjung Perak – Makasar –Tahuna dan untuk T – 5, Tanjung Perak – Makasar – Tahelo.

Selanjutnya untuk T – 6 , Tanjung Perak – Kendari – Tidore – Morotai, untuk T – 7 dengan rute Tanjung Perak – Wanci – Namlea dan untuk T – 8 Tanjung Perak – Biak. Untuk T – 9 dengan rute Tanjung Perak – Nabire – Serui – Wasior dan untuk T -10 Tanjung perak –Fakfak –Kaimana. Untuk T-11 Tanjung Perak Timika –Agats – Merauke, untuk T – 12 Tanjung Perak - Sumlaki – Dobo . Untuk T-13 dari Tanjung Perak – Kalabahi – Moa – Rote –Sabu. Untuk T – 14 Tanjung Perak – Larantuka – Adonara – Lewoleba dan T -15 dengan rute Tanjung Perak – Kisar – Namrole.

Menurut Sihard Pohan selaku Direktur sarana dan logistik Kementerian Perdagangan, tiga trayek yang akan di operasikan antara lain untuk trayek T – 16, T – 17 dan T – 18. Untuk T -16 dengan rute Makasar –Selayar –Jampea – Sikeli –Raha – Ereke – Pasarwajo. Untuk T – 17, dengan rute Bitung –Tilamuta – Parigi –Pposo – Ampana – Bunta – Pagimana. Dan untuk T – 18 dengan rute Kendari –Lameruru – Bungku –Kolondale – Taliabo.

“T16, 17 dan 18 merupakan trayek baru. Ini (tol laut) ada di Jakarta, Teluk Bayur dan Surabaya, dimana Surabaya itu untuk distribusi ke wilayah timur,” tegasnya, Rabu (24/10).

Sihard menyebut sejauh ini pemanfaatan tol laut sudah berkembang terbukti dari penambahan tiga trayek pengangkutan. Namun demikian dalam menentukan trayek baru, juga dilakukan penilaian.

“Ini semakin berkembang sekarang 15 trayek nanti akan dibuka lagi 3 trayek menjadi 18 trayek. Kedepan mungkin kita lihat lagi perkembangannya. Daerah terpencil atau luar mana yang bisa dibuka dan potensial untuk digali. Kan ada penilaiannya juga,” tegasnya.

Lebih lanjut, penetapan tiga trayek baru tol laut tersebut saat ini belum di lakukan, karena masih butuh pembangunan infrastruktur tambahan berupa gerai maritime di kawasan tersebut, sehingga memudahkan proses pengangkutan.

“Walaupun sudah ditetapkan tiga trayek baru, tapi tidak bisa langsung jalan, karena ada proses penyiapan pedagang tol laut-nya atau pedagang gerai maritime,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×