kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,66   21,15   2.82%
  • EMAS904.000 -1,74%
  • RD.SAHAM 1.15%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Akibat corona, Sirclo: 72.000 unit Antis ludes dalam 42 menit


Rabu, 01 April 2020 / 22:53 WIB
Akibat corona, Sirclo: 72.000 unit Antis ludes dalam 42 menit
ILUSTRASI. Salah satu e-commerce enabler di Indonesia, SIRCLO

Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Covid-19 merebak di Indonesia, panic buying terjadi. Bukan hanya untuk produk sembako, tapi juga produk kesehatan dan kebersihan baik di pasar offline maupun online seperti website penjualan resmi, marketplace, dan social commerce.

Berdasarkan data perusahaan e-commerce enabler SIRCLO, peningkatan angka belanja online yang signifikan terjadi di Indonesia semenjak akhir Januari ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan COVID-19 dalam status darurat kesehatan global.

Produk seperti hand sanitizer, sabun tangan, tisu basah, dan vitamin mengalami kenaikan pembelian yang paling tinggi di bulan Februari.

Baca Juga: Ini tiga tren industri e-commerce yang perlu diantisipasi

Keempat produk tersebut mengalami lonjakan pembelian lebih dari 100% dibandingkan penjualan bulan-bulan sebelumnya. Pada bulan Februari, produk sanitasi tangan mengalami peningkatan pembelian tertinggi, sebesar 531%.

Produk sabun tangan mengalami peningkatan 304%. Posisi ketiga ditempati oleh produk tisu basah dengan peningkatan 227%. Produk kesehatan dan suplai vitamin juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 210%.

Kebijakan physical distancing dan work from home dari pemerintah juga semakin menyebabkan perpindahan lalu lintas pembelian barang kebutuhan dari toko offline ke toko online. Ini terlihat dari meningkatnya jumlah pengunjung website dan peningkatan penjualan online.

Setelah pengumuman dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia muncul, berbagai official store dari brand sanitasi yang dikelola kami mengalami peningkatan traffic sebesar empat kali lipat dibandingkan minggu sebelumnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×