kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Alfamart luncurkan versi terbaru Alfagift, targetkan pengunduh 5 juta


Senin, 19 Agustus 2019 / 17:46 WIB
Alfamart luncurkan versi terbaru Alfagift, targetkan pengunduh 5 juta
ILUSTRASI. Suasana di Gerai Alfamart

Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau yang gerainya dikenal dengan Alfamart meluncurkan versi terbaru dari aplikasi Alfagift. Aplikasi yang dinamakan Alfagift 4.0 bakal menjadi intstrumen andalan Alfamart dalam engagement pelanggan.

Direktur Utama Alfaria Trijaya Anggara Hans Prawira menjelaskan bahwa saat ini kontribusi penjualan yang berasal dari Alfamart Ponta (membership Alfamart) sudah mencapai 23% dari total penjualan.

Baca Juga: Ekspansi gerai lebih selektif, laba Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) tumbuh 83,46%

Dengan mengunduh Alfagift, maka hal itu sekaligus menjadikan pengunduh aplikasi tersebut menjadi member langganan Alfamart Ponta. “Total membership Ponta saat ini sudah mencapai 11 juta lebih,” katanya pada Senin (19/8).

Aplikasi yang sudah diperbarui itu, kini sudah mampu memahami kebutuhan belanja konsumen. Kata Hans, hal itu dilakukan melalui data analytics pada setiap transaksi para member Ponta itu. Jadi aplikasi itu bakal menawarkan barang-barang yang kerap dibeli konsumen di layar utama aplikasi.

Aplikasi Alfagift itu juga memungkinkan belanjaan untuk diantar di rumah ataupun di ambil di gerai Alfamart terdekat. Sementara untuk pembayaran, Alfagift sudah dilengkapi fitur pembayaran digital Go-pay. “Ke depan juga dengan platform digital lainnya, termasuk juga bisa bayar di toko,” tambah Hans.

Targetnya, pengunduh aplikasi Alfagift bisa mencapai 5 juta sampai kira-kira satu tahun setelah versi baru Alfagift diluncurkan. Menurut Hans, cara agar pengunduh Alfagift mencapai 5 juta, adalah dengan menawarkan ke konsumen yang terdaftar sebagai member Ponta. “Dari 11 juta itu setengahnya bisa lah ke Alfagift,” terangnya.

Baca Juga: Akibat listrik mati dua hari, Alfamart merugi Rp 20 miliar

Alfamart, kata Hans juga bakal memanfaatkan media sosial Alfamart baik yang saat ini telah diikuti oleh 20 juta pengikut. Alfagift merupakan salah satu upaya Alfamart dalam beradaptasi pada kegiatan ekonomi yang mulai beralih ke digital.

Alfagift ini bakal jadi platform yang bisa menghubungkan antara masyarakat yang membutuhkan kecepatan dengan setiap gerai Alfamart. Saat ini Alfamart memiliki 10.258 gerai yang dimiliki sendiri dan 3.586 gerai yang dilakukan secara kerja sama waralaba.





Close [X]
×