kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Alirkan listrik, PLN beri kado Lebaran bagi sejumlah desa di Riau dan NTB


Kamis, 28 Mei 2020 / 10:46 WIB
Alirkan listrik, PLN beri kado Lebaran bagi sejumlah desa di Riau dan NTB
ILUSTRASI. PLN alirkan listrik di beberapa desa

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mulai menyambungkan listrik ke beberapa desa di Provinsi Riau dan dusun di Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika momen Lebaran lalu.

Untuk Provinsi Riau, ada 7 desa yang mulai dialiri listrik oleh PLN. Ketujuh desa tersebut yaitu Desa Batu Sasak di Kabupaten Kampar, Desa Teluk Merbau, Desa Terusan Kempas, Desa Hibrida Jaya, Desa Hibrida Mulia dan Desa Tanjung Simpang di Kabupaten Indragiri Hilir, serta Desa Pulau Topang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Daru Tri Tjahjono mengatakan, penyambungan listrik tersebut menjadi kado Idul fitri dari PLN untuk masyarakat Riau.

Baca Juga: Telat laporkan meteran listrik PLN melalui WA, ini hitungan tagihan bulan Juni

Untuk melistriki 7 desa ini, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) lebih dari 53,35 kilometer sirkit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) lebih dari 52,02 kms, dan 24 Unit Gardu Distribusi (Trafo) dengan jumlah daya 1.525 kiloVolt Ampere (kVA).

Daru menjelaskan, pembangunan infrastruktur kelistrikan ke daerah-daerah terpencil memiliki tantangan tersendiri, khususnya terkait akses jalan untuk mencapai ke lokasi. Pasalnya, PLN harus menyeberangi lautan, menelusuri sungai-sungai, hingga melewati jalan tidak setapak.

“Tidak jarang, tiang, kabel, dan material listrik lainnya digotong, diangkat, dan dibawa sendiri oleh petugas PLN tanpa menggunakan mesin ketika melewati medan yang sulit,” ungkap Daru dikutip dari siaran pers di situs PLN yang dikutip Kontan.co.id, Rabu (27/5).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×