kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

All New Toyota meriuhkan pasar sedan sport


Sabtu, 02 Juni 2012 / 09:12 WIB
All New Toyota meriuhkan pasar sedan sport
ILUSTRASI. Holding BUMN pangan diharapkan terbentuk pada September 2021.


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Edy Can

JAKARTA. Melihat potensi pasar sedan sport jenis coupe atau dua pintu di Tanah Air, membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk teranyarnya di segmen itu: All New Toyota 86.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM menuturkan, meski pasar sedan sport relatif kecil dan kebanyakan merupakan kolektor mobil, ia yakin produk ini bakal bisa bersaing dengan sedan sport lain yang sudah lebih dulu melaju di jalanan Indonesia. “Pasar sedan sport cukup potensial. Total penjualan di segmen ini mencapai 100 unit per bulan,” ujarnya kepada KONTAN, Jumat (1/6).

Selama tiga bulan terakhir, jumlah pemesan mobil berdapur pacu 2.000 cc ini sudah sebanyak 40 unit. Jumlah pesanan ini sama dengan jumlah Al pasokan New Toyota 86 untuk TAM.

Widyawati Soedigdo, General Manager Marketing Planning & Customer Relations TAM menambahkan, TAM mendapat jatah 75 unit All New Toyota 86 dari Toyota Motor Corporation. "Sisa 35 unit akan tersedia September atau Oktober nanti,” ujarnya.

Melihat respon pasar yang positif ini, TAM bakal meminta tambahan jatah All New Toyota 86 sebanyak 25 unit lagi langsung dari pabrikan Toyota di Jepang. “Kami akan meminta tambahan stok. Apalagi Indonesia di posisi keempat terbesar penjualan Toyota secara global,” katanya.

Pemain lain optimistis

TAM membanderol All New Toyota 86 di kisaran Rp 600 juta sampai Rp 636 juta. TAM mengklaim harga ini terbilang kompetitif dan termasuk yang termurah di kelasnya.

TAM sendiri bisa menjual "murah" All New Toyota 86 ini lantaran adanya kebijakan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreemant (IJ-EPA). “Dengan adanya IJ-EPA bea masuk sedan kapasitas mesin di bawah 2.000 cc menjadi 20% dari sebelumnya sebesar 60%,” kata Widyawati.

Tentu, TAM tak sendirian dalam merilis sedan sport anyar. Pemain lainnya seperti PT Garuda Mataram Motor juga merilis New Audi A5 Coupe yang juga mempunyai dapur pacu sebesar 2.000 cc pada pertengahan Mei lalu.

Andrew Nasuri, Chief Executive Officer Garuda Mataram mengaku tidak takut dengan kehadiran All New Toyota 86 ini. Menurutnya, New Audi A5 mampu bersaing dengan produk Jepang ini.

Ia yakin, stok 20 Audi A5 berbanderol Rp 690 juta ini bakal habis terjual sampai akhir tahun. Hingga kini, jumlah pemesan mobil yang diimpor langsung dari Jerman ini sudah mencapai 10 unit. "Kami yakin bisa menjual semua stok yang tersedia," katanya.

PT Mazda Motor Indonesia juga sudah melansir sedan sport RX 8 Spirit R di awal tahun ini sebagai penerus model RX 8 sebelumnya. Astrid Ariani Wijana, Direktur Pemasaran Mazda, yakin mampu menjual lima unit RX 8 seharga Rp 682 juta ini saban bulan. “Sampai akhir tahun ini kami menargetkan penjualan 50 unit RX 8," katanya.

Data Gaikindo menunjukkan penjualan RX8, sepanjang Januari hingga April 2012 sudah sebanyak 21 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×