kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha Lautan Luas Dorong Keberlanjutan dan Ditunjuk National Lighthouse Industri


Selasa, 02 Juli 2024 / 16:05 WIB
Anak Usaha Lautan Luas Dorong Keberlanjutan dan Ditunjuk National Lighthouse Industri
ILUSTRASI. PT Lautan Luas Tbk menerapkan prinsip ESG melalui program berkelanjutan.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - Mendorong keberlanjutan lingkungan, anak usaha PT Lautan Luas Tbk (LTLS) yang memproduksi FiberCreme ditunjuk sebagai National Lighthouse Industri 4.0. Penunjukan yang merupakan kegiatan Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin untuk mendorong perusahaan bertransformasi menjadi industri 4.0. 

Perusahaan manufaktur yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0 merupakan pilihan karena dinilai bisa menjadi percontohan (role model) bagi perusahaan manufaktur lainnya dalam menjalankan transformasi dan implementasi industri 4.0. 

Para peraihnya adalah perusahaan yang mampu menjadi contoh bagi industri lainnya. Pencapaian ini merupakan penyemangat untuk meningkatkan produktivitas manufaktur dalam efisiensi maupun efektivitas.

Baca Juga: Pertamina Perkuat ESG Melalui Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Sebagai perusahaan yang mempunyai unit bisnis manufaktur, Lautan Luas selalu menyelaraskan operasional perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Program yang dilakukan diantaranya ada dengan membangun masyarakat sekitar dengan membangun dua sekolah yang menggunakan ecoblocks.  Ecoblocks sendiri terbuat dari daur ulang sampah dimana setiap bangunan sekolah dapat mengurangi hingga 6 ton sampah plastik dan menyerap emisi karbon hingga dengan 13 ton. 

Selain aspek bisnis, Eurike Hadijaya, Investor Relations, Corporate Communication & Sustainability Manager mengatakan bahwa pihaknya berharap dengan terbangunnya sekolah yang dibangun dari ecoblocks dapat mengurangi sampah plastik serta anak anak dapat menempuh pendidikan secara aman dan nyaman. 

PT Lautan Luas Tbk juga  mengintegrasikan praktik-praktik keberlanjutan ke dalam operasi bisnisnya. Hal ini meliputi implementasi praktik-praktik ramah lingkungan, mengutamakan tanggung jawab sosial, inklusivitas, hak asasi manusia, dan memastikan tata kelola yang baik sesuai dengan sektor bisnisnya. 

Dengan mengimplementasikan strategi keberlanjutan, Perseroan dapat menyesuaikan tujuan bisnisnya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB dan memiliki peran yang signifikan dalam mengatasi berbagai tantangan global seperti perubahan iklim, pengurangan sumber daya, dan ketidakadilan sosial. 

Baca Juga: Sepanjang 2024, Lautan Luas (LTLS) Targetkan Pendapatan Tumbuh hingga 12%

Perseroan juga aktif melibatkan para pemangku kepentingan sebagai bagian dari implementasi strategi keberlanjutan untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai kebutuhan dan ekspektasi mereka. Dengan membangun komunikasi dan kolaborasi yang transparan, Perseroan membangun kepercayaan dan hubungan yang saling menguntungkan dengan para pemangku kepentingan demi mengumpulkan pembelajaran dan umpan balik yang bermanfaat untuk meningkatkan inisiatif-inisiatif keberlanjutan Perseroan.

Perseroan telah membuat kemajuan besar dalam meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan dengan mengimplementasikan inisiatif-inisiatif hemat energi, menggunakan sumber energi hijau alternatif, dan program- program pengurangan limbah. Hal ini telah membawa pengurangan yang besar terhadap emisi karbon dan jejak ekologis.

Selain itu, Perseroan telah membangun kerjasama dengan warga setempat untuk berkontribusi secara aktif kepada inisiatif-inisiatif pelestarian lingkungan dan keberlanjutan. 

Baca Juga: Lautan Luas (LTLS) Alokasikan Capex Hingga Rp 300 Miliar di Tahun 2024

Dalam aspek sosial, Perseroan telah memprioritaskan inisiatif-inisiatif dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan karyawan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Hal ini meliputi investasi pendidikan dan program pengembangan keterampilan, memberikan upah yang adil dan kondisi kerja yang aman, menerapkan kebijakan anti diskriminasi, menegakkan hak asasi manusia, dan mendukung proyek-proyek masyarakat setempat.

Dengan mengatasi isu sosial dan menciptakan dampak positif, Perseroan tidak hanya berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat, tetapi juga meningkatkan reputasinya serta hubungannya dengan para pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×