kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Solusi Sinergi Digital (WIFI) raih pembiayaan Rp 256,5 miliar dari BNI


Selasa, 14 September 2021 / 15:14 WIB
Anak usaha Solusi Sinergi Digital (WIFI) raih pembiayaan Rp 256,5 miliar dari BNI
ILUSTRASI. Solusi Sinergi Digital (WIFI) membangun jaringan fiber optik di Pulau Jawa.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) atau Weave, anak usaha PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge mendapat pembiayaan dari PT Bank Negara Indonesia (BBNI) untuk proyek infrastruktur jaringan serat optik di Pulau Jawa. 

Weave memperoleh kredit dengan nilai fasilitas maksimal senilai Rp 256,5 miliar atau 63% dari nilai proyek. Adapun total biaya proyek mencapai Rp 407,2 miliar. Sementara itu, bunga yang didapatkan sebesar 9,5% dengan jangka waktu 90 bulan termasuk grace period 12 bulan. 

Chief Executive Officer Surge Hermansjah Haryono mengatakan, pinjaman tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan tahap selanjutnya serat optik sepanjang rel kereta api di berbagai lokasi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Jawa Timur.

“Dukungan ini tentunya dapat mendorong akselerasi pengerjaan proyek ini khususnya di kabupaten maupun kota tier-2 dan tier-3 yang belum memiliki akses internet berkualitas dan terjangkau. Kami juga optimis rencana untuk penyelesaian keseluruhan jaringan sepanjang 2800 km ini dapat kami akselerasi sampai akhir tahun 2021,” kata Hermansjah dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9). 

Baca Juga: Solusi Sinergi Digital (WIFI) segera rampung menggelar fiber optik Jakarta-Bandung

Sebagai informasi, Weave telah mulai melakukan pembangunan serat optik 144 core di sepanjang rel kereta api milik PT KAI sepanjang 2.800 km, atau lebih dari 500 stasiun yang terletak di 9 daerah operasional PT KAI, sejak akhir 2019. 

Pengembangan tersebut didesain untuk meningkatkan jaringan infrastruktur data yang sangat cepat, stabil dengan latency yang rendah di pulau Jawa yang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas bandwidth sangat besar. 

“Dengan keberadaan lebih dari potensi ribuan Point of Presence yang tersebar di seluruh stasiun kereta api dan fasilitas lainnya di Pulau Jawa, Weave dapat meningkatkan kualitas pelayanan langsung para partner bisnis kepada pengguna dan masyarakat di kota-kota sekitar jalur rel kereta api tersebut,” tambahnya. 

Sementara tercatat hingga September 2021 ini, Weave sedang merampungkan finalisasi tahap awal penggelaran jaringan serat optik di ruas Jakarta - Cikarang - Bandung maupun Jakarta - Bogor. Sehingga penggelaran di sepanjang 180 km ini ditargetkan rampung pada akhir September 2021.

Selanjutnya: Surge (WIFI) targetkan jaringan serat optik 2.800 km akhir 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×