kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha WIR Asia (WIRG) Kembangkan AI di Metaverse untuk Bidang Pendidikan


Rabu, 30 Agustus 2023 / 10:59 WIB
Anak Usaha WIR Asia (WIRG) Kembangkan AI di Metaverse untuk Bidang Pendidikan
ILUSTRASI. WIR Group (PT WIR Asia Tbk) melalui anak usahanya AR&Co mendorong penggunaan teknologi Markerless Augmented Reality (AR), yang menghadirkan objek virtual tanpa bantuan marker atau alat penanda.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metaverse Indonesia Makmur (Nusameta), anak perusahaan PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIR Group yang saat ini mengembangkan platform teknologi metaverse, bersinergi dengan MASA AI, perusahaan solusi teknologi berbasis AI dengan fokus teknologi pendidikan dan pengembangan tenaga kerja Indonesia.

Baik Nusameta maupun MASA AI hendak mengembangkan terobosan teknologi ruang belajar berbasiskan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di Metaverse.

Sinergi ini bertujuan untuk menciptakan ruang pengalaman belajar dan mengajar yang lebih imersif bagi dunia pendidikan khususnya di Indonesia.

Stephen Ng, CEO Nusameta mengatakan, Nusameta dan MASA AI berupaya menciptakan ruang belajar di Metaverse yang akan berikan pengalaman imersif bagi peserta didik.

Baca Juga: Semester I-2023, Pendapatan WIR Asia (WIRG) Tumbuh 91,9%

Pasalnya di ruang belajar virtual ini, teknologi AI dan keunikan avatar akan memberikan ketertarikan khusus bagi peserta didik.

Ruang belajar di metaverse diharapkan akan menyajikan pengalaman belajar yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pendidikan di Indonesia.

"Inisiatif ini sejalan dengan visi dan misi Nusameta dalam memperluas adopsi penggunaan ekosistem metaverse,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (29/8).

Sementara itu, Co-Founder MASA AI Davyn Sudirdjo menyatakan antusiasmenya ketika dapat berkolaborasi dengan Nusameta.

Dari awal terbentuk, MASA AI memiliki misi untuk membentuk masa depan pendidikan yang lebih mendalam, inspiratif, terjangkau dan inklusif.

Sinergi ini akan menciptakan terobosan pengalaman baru bagi pengguna yang ingin belajar.

"Dengan mengintegrasikan teknologi AI di metaverse, harapannya dapat membuka ruang pembelajaran baru bagi pengembangan sistem pendidikan saat ini,” kata dia.

Nusameta dan MASA AI optimistis bahwa masyarakat Indonesia akan menanggapi dengan semangat dan antusias terhadap inisiatif luar biasa dari kolaborasi yang terbentuk antar kedua perusahaan ini.

Baca Juga: Pendapatan WIR Asia (WIRG) Tumbuh 91,9% pada Semester I-2023, Ini Faktor Pendorongnya

Hal tersebut merupakan prestasi yang patut dibanggakan sebagai karya cemerlang anak bangsa.

Kolaborasi Nusameta dan MASA AI juga diharapkan dapat mengangkat kualitas sumber daya manusia Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi, sertamenciptakan generasi berdaya saing global dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Nusameta dan MASA AI berkomitmen untuk mengantarkan perubahan positif dan berkelanjutan bagi pendidikan Indonesia.

Stephen pun percaya sinergi antara teknologi dan pendidikan dapat dapat memperkuat imajinasi dan kreativitas manusia.

Dengan Nusameta yang nantinya telah terintegrasi dengan MASA AI, kedua belah pihak akan merangkul masa depan di mana pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu, melainkan melebur dengan dunia digital yang penuh dengan pengalaman interaktif.

"Nusameta dan MASA AI akan memulai ruang belajar metaverse ini dengan pembelajaran Bahasa Inggris seiring dengan kemajuan transformasi digital di Indonesia,” tutup Stephen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×