kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkasa Pura I Raih Peringkat Kredit AAA dari Pefindo


Rabu, 20 Maret 2024 / 11:55 WIB
Angkasa Pura I Raih Peringkat Kredit AAA dari Pefindo
ILUSTRASI. PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP1 memperoleh peringkat kredit AAA dengan Outlook Stabil


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP1 memperoleh peringkat kredit AAA dengan Outlook Stabil untuk obligasi dan sukuk dari lembaga pemeringkat kredit nasional, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). 

Angkasa Pura I mendapai peringkat kredit AAA dengan Outlook Stabil untuk Obligasi I Seri C Tahun 2016 dan Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Seri A, Seri B, Seri C, dan Seri D Tahun 2021 PT Angkasa Pura I senilai Rp 2,6 triliun untuk periode 13 Maret 2024 - 1 Maret 2025. 

Angkasa Pura juga meraih peringkat kredit AAA untuk Sukuk Ijarah I Seri C Tahun 2016 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap I Seri A, Seri B, Seri C dan Seri D Tahun 2021 PT Angkasa Pura I senilai Rp 673 miliar serta Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar Jangka Panjang Tahun 2023 PT Angkasa Pura I senilai Rp 1,46 triliun untuk periode 13 Maret 2024 - 1 Maret 2025. 

Baca Juga: AP1 Turut Meriahkan Tahun Baru Imlek di 15 Bandara

Dengan kenaikan peringkat kredit menjadi AAA, Angkasa Pura I berarti mendapatkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo. Peringkat kredit tersebut menunjukkan kemampuan kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan perusahaan lainnya adalah superior. 

Direktur Utama Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty mengatakan, peringkat kredit yang naik dari AA+ menjadi AAA adalah bukti komitmen AP1 dalam meningkatkan kinerja perusahaan, baik dari segi operasional maupun secara keuangan. 
"Peningkatan ini menjadi pemicu agar kami berkembang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (19/3) malam.

Indah menjelaskan, kenaikan peringkat kredit dari Pefindo tersebut karena terdapat perbaikan profil risiko keuangan perusahaan seiring dengan tingkat pemulihan jumlah lalu lintas penumpang yang ditangani perusahaan. AP1 mencatat telah melayani 69,8 juta penumpang sepanjang 2023 atau memperoleh recovery rate 85,65% dari tingkat sebelum pandemi pada 2019. 

Pertumbuhan trafik penumpang perusahaan itu pun akhirnya menciptakan landasan yang lebih kuat untuk pertumbuhan lalu lintas yang pesat dalam jangka pendek maupun menengah. Dengan itu, prospek peringkat perusahaan pun dinyatakan stabil. 

Pefindo juga menyampaikan peringkat perusahaan juga didorong oleh dukungan kuat dari induk usaha, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Selain itu, perekonomian wilayah layanan yang kuat serta rekam jejak yang solid dalam memperoleh pendapatan aeronautika maupun non-aeronautika juga menjadi faktor utama mengapa profil kredit perusahaan mendapatkan AAA atau peringkat tertinggi dari Pefindo tersebut. 

Baca Juga: Angkasa Pura 1 Layani 5,5 Juta Penumpang pada Januari 2024

Angkasa Pura I mengoperasikan 16 bandara yang 15 diantaranya dikelola langsung, dan 1 bandara yakni Bandara Hang Nadim Batam di bawah joint operation/JO. AP1 menjadi operator Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng dengan melayani sekitar 21,5 juta penumpang pada 2023. 

“Kenaikan peringkat kredit perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan maupun publik kepada Angkasa Pura I. Untuk itu, kami akan terus berupaya untuk menjaga bahkan meningkatkan kinerja perusahaan agar lebih baik lagi,” tutup Indah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×