kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Angkasa Pura II usul pembangunan landasan pacu dan terminal baru Soekarno Hatta


Senin, 25 Juli 2011 / 13:21 WIB
Angkasa Pura II usul pembangunan landasan pacu dan terminal baru Soekarno Hatta
ILUSTRASI. Harga mobil bekas Nissan Evalia kian murah, MPV tahun segini kini mulai Rp 70 juta


Reporter: Dani Prasetya | Editor: Edy Can


JAKARTA. PT Angkasa Pura II mengusulkan pembangunan landasan pacu dan terminal baru di Bandara Soekarno-Hatta. Opsi itu bakal terealisasi apabila tersedia lahan seluas 830 hektare.

Direktur Utama AP II Tri S. Sunoko mengatakan, pembangunan tersebut dilakukan sebelum 2013 mendatang. Menurutnya, usulan pembangunan landasan pacu ketiga dan terminal keempat itu merupakan salah satu opsi yang ditawarkan kepada pemerintah untuk pengembangan bandara Soekarno-Hatta.

Tri sendiri pesimis pembangunan landasan pacu dan terminal baru itu sepertinya tidak akan terealisasi. Sebab, dia mengatakan, pembangunan landasan pacu ketiga sangat bergantung pada proses pembebasan lahan.
Menurutnya, apabila lahan tersedia sebelum 2013 maka landasan pacu dapat terbangun sebelum lonjakan penumpang menyentuh 62 juta orang per tahun pada 2014. "Pilihan hanya bangun baru atau optimalisasi landasan dan terminal yang ada," ucapnya.

Pemerintah berencana merevitalisasi Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kapasitas mencapai 62 juta penumpang per tahun pada 2014. Kapasitas bandara saat ini hanya sebesar 22 juta penumpang per tahun, padahal jumlah pergerakan penumpang telah mencapai 44,3 juta orang per tahun.

Proses pengembangan itu akan dilakukan tanpa membangun landasan baru, pengembangan terminal 3, revitalisasi terminal 1 dan terminal 2, pembangunan terminal kargo baru, pengembangan fasilitas penunjang yang mendukung aksesabilitas penumpang, serta pembangunan bangunan penghubung antara terminal 1 dan terminal 2 dengan konsep sentra pelayanan terpusat (one stop services).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×