kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45962,41   12,26   1.29%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Antam: Smelter Feronikel Haltim Diharapkan Commissioning di Desember 2022


Kamis, 26 Mei 2022 / 13:15 WIB
Antam: Smelter Feronikel Haltim Diharapkan Commissioning di Desember 2022
ILUSTRASI. Pabrik feronikel atau FeNi ANTAM


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proyek smelter Feronikel (FeNi)  PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara masih bergulir. Anak usaha dari  Holding BUMN Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) itu berharap, smelter Feni di Haltim bisa memasuki tahap commissioning di bulan Desember 2022.

Direktur Utama Antam, Nico D. Kanter mengatakan, pihaknya tengah berfokus pada aspek penyediaan daya listrik untuk proyek smelter tersebut.

“Kami telah menandatangani PJBTL (Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik) dengan PLN untuk pasokan daya listrik (smelter) feronikel Haltim, tentunya kami mengharapkan kami bisa men-deliver untuk commissioning di bulan Desember dan insya Allah bisa beroperasi di akhir Februari atau Maret 2023,” ungkap Nico dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI, Rabu (25/5).

Baca Juga: Dividen ANTM Diputuskan 50% dari Laba 2021

Smelter FeNi Haltim  direncanakan memiliki kapasitas produksi sebesar 13.500 TNi untuk Line 1 per tahun. Smelter ini akan melengkapi 3 unit smelter feronikel Antam di Pomalaa, Sulawesi Tenggara yang memiliki 4 lini produksi i dengan kapasitas gabungan sebesar 27.000 TNi per tahun. Dengan demikian, jika proyek smelter Feronikel Halmahera Timur Antam sudah rampung kelak, Antam bakal memiliki total kapasitas produksi tahunan hingga 40.500 TNi.

Sebelumnya, pengoperasian smelter FeNi Haltim sempat terkendala ketersediaan pasokan listrik, padahal kemajuan konstruksinya sudah mendekati tahap akhir. Sampai Desember 2021 lalu, kemajuan konstruksi smelter Feni telah mencapai 98%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×