kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45840,78   2,25   0.27%
  • EMAS943.000 -0,53%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Antam targetkan kelistrikan smelter feronikel Haltim tuntas dalam waktu dekat


Rabu, 23 Juni 2021 / 19:35 WIB
Antam targetkan kelistrikan smelter feronikel Haltim tuntas dalam waktu dekat
ILUSTRASI. Pabrik feronikel Antam Tambang (ANTM)

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menargetkan penyediaan kelistrikan smelter feronikel Halmahera Timur tuntas dalam waktu dekat.

SVP Vorporste Secretary Antam Yulan Kustiyan mengungkapkan, proses penyediaan listrik masih berjalan dengan target selesai pada pertengahan tahun ini. Skema penyediaan listrik ini pun disebut bersifat jangka pendek.

"Saat ini perusahaan sedang melaksanakan proses pengadaan untuk menyediakan kebutuhan listrik jangka pendek di bawah koordinasi lembaga independen yang kredibel sebagai procurement agent (PA)," kata Yulan kepada Kontan.co.id, Selasa (22/6).

Yulan melanjutkan, keterlibatan procurement agent dalam pengadaan ini merupakan tindak lanjut dari saran konsultan independen mengingat kompleksitas lelang dan sebagai upaya mitigasi risiko atas kegagalan lelang sebelumnya. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk memastikan transparansi dan independensi penyediaan kebutuhan listrik jangka pendek untuk smelter feronikel Halmahera Timur. 

Baca Juga: Gandeng Hartadinata Abadi (HRTA), Aneka Tambang (ANTM) luncurkan dua produk anyar

 

 

Yulan menambahkan, untuk jangka pendek maka Antam berencana menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Adapun, opsi penyediaan kelistrikan jangka panjang diakui kini masih dalam kajian.

"Sementara itu untuk pemenuhan listrik jangka panjang Pabrik Feronikel Haltim, saat ini Perusahaan masih melakukan kajian lebih lanjut termasuk alternatif penggunaan PLTU," pungkas Yulan.

Sebelumnya, Direktur MIND ID Orias Petrus Moedak mengungkapkan ada kesalahan perkiraan di awal sehingga membuat keterlambatan di sisi penyediaan kelistrikan.

Penyediaan listrik bakal dipasok PLTD berkapasitas 3X18 MW dan PLTU berkapasitas 2X45 MW. Orias menambahkan nantinya setelah tiga tahun PLTD beroperasi maka diharapkan PLTU dapat mulai beroperasi.

Kendati demikian, Orias belum bisa memastikan apakah PLTD akan tetap dioperasikan atau disetop. "Jadi nanti akan ada overlap, kita lihat nanti apa otomatis setop waktu PLTU beroperasi dst, akan dijelaskan nanti," ujar Orias Mei silam.

 

Selanjutnya: Industri masih kontraksi, sederet bank ini catatkan pertumbuhan kredit pada bulan Mei

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×