kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi corona, SPBU self service Pertamina di wilayah ini dilengkapi sanitizer


Minggu, 22 Maret 2020 / 13:06 WIB
Antisipasi corona, SPBU self service Pertamina di wilayah ini dilengkapi sanitizer
ILUSTRASI. Suasana pengisian bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan,


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah ancaman virus corona, PT Pertamina (Persero) membantu penyediaan hand sanitizer isi ulang untuk diletakkan pada area pompa ataupun di kasir transaksi self-service di 15 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok.

Pengisian BBM di SPBU Self-Service relatif cukup mudah dan menghemat waktu. Di wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok, SPBU Self-Service lebih banyak diberikan untuk kendaraan roda dua. Setelah melakukan transaksi melalui kasir, konsumen bisa langsung menuju nozzle yang telah tertera dalam struk pembelian untuk selanjutnya mengisi BBM secara mandiri.

Baca Juga: Corona mewabah, stok BBM dan LPG di Sulawesi masih aman

Dari situ, Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengatakan, hand sanitizer disiagakan di tiap pulau pompa SPBU Self Service. Hal ini sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen terhadap penyebaran virus Covid-19 dari benda-benda yang paling sering disentuh.

Ia menyebut, benda yang paling disentuh oleh banyak orang di SPBU Self Service adalah nozzle saat melakukan pengisian BBM ke kendaraan.

“Makanya kami selalu membersihkan nozzle secara berkala dengan disinfektan dan menyediakan hand sanitizer untuk digunakan oleh konsumen tepat setelah melakukan pengisian bahan bakar,” ungkap dia dalam siaran pers di situs Pertamina, Sabtu (21/3).

Dewi menjelaskan, penyerahan hand sanitizer ke SPBU di wilayah-wilayah MOR III dilakukan secara bertahap hingga pekan depan. Sebab, saat ini cukup sulit mendapatkan produk hand sanitizer di pasaran.

“Kami utamakan di titik-titik yang paling ramai dahulu. Contohnya di SPBU 34.105.06 di Galur, Jakarta Pusat dengan rata-rata harian 1.000 konsumen pengendara roda dua,” terang dia.

Baca Juga: Harga BBM Pertamina bisa turun kalau harga minyak tetap rendah di akhir bulan ini

Selain itu, pengadaan hand sanitizer secara mandiri juga dilakukan di SPBU Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek dan SPBU Self Service di kawasan Bandung, Jawa Barat. Pada dasarnya, Pertamina dan pihak pengusaha mitra bahu-membahu melakukan upaya pencegahan virus corona di area SPBU.

Lebih lanjut, SPBU merupakan tempat publik berlalu lalang. Karena itu, Pertamina sudah menerapkan prosedur tambahan, seperti penggunaan masker dan sarung tangan bagi operator SPBU yang menjadi garda terdepan penyaluran BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×