kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anugerah Pharmindo (APL) Pasang PLTS, Hasilkan Energi Hingga 100.000 kWh


Sabtu, 13 Agustus 2022 / 12:33 WIB
Anugerah Pharmindo (APL) Pasang PLTS, Hasilkan Energi Hingga 100.000 kWh
ILUSTRASI. pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan penyedia jasa layanan di bidang kesehatan, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) memasang solar panel yang kedua. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kali ini berlokasi di salah satu cabang APL di Kota Medan, Sumatra Utara.

Presiden Direktur Anugerah Pharmindo Lestari, Christophe Piganiol menjelaskan bahwa panel surya ini akan menghasilkan energi dengan besaran lebih dari 100.000 kWh dan mengurangi sekitar 63,5 ton karbon emisi per tahun.

APL berkolaborasi dengan PT Vastland Indonesia sebagai pemilik gedung dan PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar) terkait pemasangan panel surya yang sesuai standard. "APL berupaya mengembangkan program-program yang ada pada pilar sustainability lainnya," kata Christophe dalam rilis yang disiarkan Jumat (12/8).

Selain di fasilitas APL Medan, APL juga telah memasang PLTS Atap atau panel surya di National Distribution Center, Cikarang. Fasilitas ini telah diresmikan pada April 2022. Hal ini sejalan dengan program Kementerian ESDM terkait dengan implementasi PLTS Atap.

Baca Juga: Anak Usaha Gaya Abadi (SLIS) Rilis Mobil Listrik Roda 3 Seharga Rp 60 Juta

Bersamaan dengan pemasangan panel surya di cabang APL Medan, APL meluncurkan program Rumah Sampah, sebagai pemilahan dan penyaluran sampah. Program ini bekerjasama dengan Gerakan Sedekah Sampah yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang.

Ada sekitar 100 Kg sampah yang siap didaur ulang per bulan. Estimasinya setara dengan 648 Kg pengurangan karbon emisi per tahunnya. Kedua program ini merupakan komitmen dalam mendukung program Sustainability APL, khususnya di pilar respecting environment.

"Kami berupaya turut berperan aktif dalam membantu mengurangi dampak buruk di lingkungan melalui program-program sustainability. APL memiliki tim khusus dan akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak strategis untuk mencapai misi keberlanjutan," terang Christophe.

Adapun PT Anugerah Pharmindo Lestari merupakan bagian dari Zuellig Pharma, yang telah hadir melayani pasar kesehatan Indonesia sejak tahun 1985. APL melayani lebih dari 60.000 fasilitas medis di 434 kota dan bekerja dengan lebih dari 60 klien, termasuk 10 perusahaan farmasi kelas dunia.

APL memiliki satu pusat distribusi nasional canggih, satu pusat distribusi regional, dan 25 gudang kelas farmasi. Baru-baru ini juga telah diluncurkan APL Center of Excellence untuk mengembangkan layanan digital baru sebagai solusi untuk ekosistem layanan kesehatan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×