kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AP II prediksi penumpang Lebaran capai 6,9 juta


Selasa, 06 Juni 2017 / 15:22 WIB
AP II prediksi penumpang Lebaran capai 6,9 juta


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi jumlah penumpang pesawat pada masa angkutan lebaran 2017 di seluruh bandara yang dikelolanya mencapai 6,9 juta. Ini meningkat 4% dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu.

Pada arus mudik tahun ini atau H-10 hingga H-1 diperkirakan jumlah penumpang mencapai 3,45 juta penumpang. Pada Lebaran hari pertama (H1) dan hari kedua (H2) diperkirakan sebanyak 537.146 penumpang. Dan pada arus balik atau H+1 hingga H+15 diprediksi hingga 2,91 juta penumpang.

Adapun jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diprediksi mencapai 4,02 juta penumpang atau hampir 60% dari total penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun ini.

Sementara itu hingga hari ini maskapai telah mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 2.663 penerbangan untuk total 13 bandara yang dikelola AP II.

Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya siap melayani pemudik pada masa angkutan lebaran tahun ini khususnya didukung oleh media baru dalam hal pelayanan salah satunya adalah aplikasi Indonesia Airports di smartphone. Sehingga pemudik dapat mengetahui berbagai informasi penting sebelum melakukan perjalanan atau sesaat setelah tiba di bandara tujuan.

“Kami juga berharap kepadatan penumpang di bandara pada masa angkutan Lebaran tahun ini dapat lebih terurai karena beroperasinya terminal-terminal baru khususnya Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. " kata Awaluddin dalam keterangan resminya, Selasa (7/6).

Penumpang pesawat juga dapat melakukan reservasi parkir inap melalui aplikasi Parkir Inap CGK yang dapat diunduh di Google Play Store. Bagi pengguna transportasi publik, saat ini Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga dilengkapi JAConnexion yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. JAConnexion adalah layanan bus premium dengan rute dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke hotel-hotel serta pusat perbelanjaan, dan sebaliknya.

Di sisi udara, Terminal 3 juga mengaplikasikan sistem Video Docking Guidance System atau VDGS sehingga operasional pesawat dapat semakin maksimal khususnya terkait on time performance dalam angkutan lebaran ini

Adapun guna mendukung kelancaran operasional bandara dan penerbangan serta membantu pemudik maka mulai 15 Juni hingga 11 Juli 2017 di seluruh bandara AP II akan dioperasikan Posko Angkutan Lebaran sebagai pusat komando dan koordinasi para stakeholder di bandara termasuk terkait dengan pelayanan dan keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×