kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,42   6,41   0.71%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apartemen second mewah mulai diobral, begini kata AREBI


Minggu, 11 Juli 2021 / 18:01 WIB
Apartemen second mewah mulai diobral, begini kata AREBI
ILUSTRASI. Harga Jual Apartemen. KONTAN/Baihaki/31/1/2020


Reporter: Ramadhan Sultan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor properti termasuk bisnis yang terdampak di masa pandemi covid-19. Selain rumah second mewah di obral atau dijual di kawasan elit, Colliers International Indonesia (CII), lembaga konsultasi properti memproyeksikan industri apartemen second mewah juga mulai dijual di masa pandemi covid-19.

Menanggapi hal tersebut Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Jakarta Barat Tommy Tanuwidjaja menjelaskan, selain properti rumah hunian second diobral atau dijual, di sisi lain yang paling banyak diobral atau dijual yakni apartemen second di wilayah Jakarta Barat. Hampir semua wilayah Jakarta Barat khususnya daerah Kebon Jeruk, Tanjung Duren, Kembangan dan Cengkareng.

“Apartemen second diobral atau dijual dengan range harga jual bervariatif sekali mulai harga Rp 300 juta,” kata dia kepada Kontan.co.id, Minggu (11/7).

Tommy melanjutkan, banyaknya properti apartemen second yang diobral atau dijual di wilayah Jakarta Barat yakni dikarenakan pemilik apartemen second membutuhkan dana cepat di masa pandemi covid-19 ini. Selain itu, untuk peminat pembeli atau sewa apartemen second meningkat di masa pandemi covid-19 sampai 20%. “Peningkatan secara umum yang mencari untuk sewa dan beli apartemen second,” jelasnya.

Baca Juga: Ekonom Core prediksi investasi masih bergejolak di tahun ini

Lanjutnya, bahwa di masa pandemi covid-19 properti apartemen second mengalami koreksi harga yakni dari Rp 4,8 miliar menjadi Rp 4,2 miliar untuk middle up. Namun, dengan harga terkoreksi sektor untuk apartemen secondary prospeknya masih akan bagus dikarenakan kondisi apartemen second sudah berisi dan isi ruangannya lengkap sehingga tinggal ditempati. Tommy tidak mau menjelaskan secara rinci nama apartemen di wilayah Jakarta Barat yang diobral atau dijual.

“Maaf untuk namanya belum bisa saya kasih informasinya, namun apartemen tersebut di daerah Kembangan,” ungkapnya.

Selain wilayah Jakarta Barat, ERA Mira sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Jakarta Selatan Andria Dian Palupi mengatakan, untuk wilayah Jakarta Selatan sendiri properti apartemen second mewah banyak yang dijual. Namun Andria tidak menjelaskan secara rinci daerah mana saja, namun ia menjelaskan, penjualan apartemen second yang masih banyak peminatnya di daerah central business distric (CBD) Jakarta Selatan.

“Apartemen second yang di pinggiran Jakarta Selatan kurang laku untuk dijual,” kata dia kepada Kontan.co.id, Minggu (11/7).

Andria melanjutkan, untuk peminat dari pembeli saat ini ialah investor yang berani ambil resiko di tengah kondisi pandemi covid-19. Namun, dari investor yang hanya memiliki uang cash maka dari itu mencari apartemen second dengan harga yang menarik yang akan di buru, biasanya mencari harga di bawah nilai jual objek pajak (NJOP). 

Di sisi lain, apartemen second yang terpukul ialah sektor apartemen middle up. Karena yang sewa tidak ada sementara di sewakan tidak laku-laku dan apartemen menengah bawah masih diminati karena untuk kebutuhan. Untuk bisnis properti sektor apartemen masih menunggu perkembangan prospeknya. “Masih wait and see apalagi untuk pembeli yang bertujuan investasi,” ungkapnya.

Selanjutnya: Beberapa emiten properti telah umumkan perolehan marketing sales di semester I-2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×