Sumber: Bloomberg | Editor: Asnil Amri
CALIFORNIA. Chief Executive Officer (CEO) Apple Inc, Tim Cook meluncurkan iPad mini untuk mengisi pasar guna memenangkan persaingan dengan produsen tablet yang lain.
Kemarin, (23/10) Apple mengatakan, Ipad Mini berukuran 7,9 inci ini dijual dengan harga US$ 329 sampai dengan US$ 659 per unit, tergantung pilihan memori dan fitur nirkabel yang diusungnya.
iPad Mini ini sudah disertai dengan dua kamera, baterai yang tahan lama dan terkoneksi ke iTunes dan App Store yang bisa mengakses lebih dari 275.000 aplikasi.
iPad Mini ini dikeluarkan oleh Apple untuk menghindari konsumen mencari alternatif tablet murah selain dari produk Apple.
Namun begitu, produk terbaru dari Apple ini masih lebih mahal dibandingkan produk kompetiotr yang dibanderol di sekitar harga US$ 200. Seperti tablet Amazon.com Inc yang memiliki Kindle Fire HD, Google Inc dengan Nexus 7 begitu pula dengan Samsung Electronics Co.
Karena harganya lebih tinggi dari produk kompetitor, membuat pesaing bisa tersenyum lebar. "Kini pesaing bisa bernapas lega," kata Chris Jones, seorang analis di Canalys. Meski begitu, ia mengatakan, iPad Mini ini bisa terjual lebih dari 10 juta sampai akhir tahun ini.
Para investor banyak kecewa Apple tidak memberikan gadget harga yang lebih rendah dari produk kompetitor.
Namun begitu, ada juga analis yang menilai, tablet terbaru dari Apple ini bisa bikin heboh pasar tablet. "Kami percaya produk ini akan menjadi produk hit, mengingat harganya yang murah,” kata Shaw Wu, analis dari Sterne Agee & Leach Inc.
Perlu diketahui, karena ukuran iPad ini lebih kecil, membuat produk ini lebih ringan dan lebih tipis. Walaupun ukuran mini, iPad ini memiliki keunggulan dari pada iPhone , terutama dalam hal browsing web, game atau menonton video.
Sayangnya, belum diketahui kapan produk ini bisa dipasarkan di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News