kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,41   -4,23   -0.47%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V


Kamis, 05 Oktober 2023 / 14:17 WIB
ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V
ILUSTRASI. ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan kembali KMP Ferrindo V


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan kembali KMP Ferrindo V untuk pelayaran jarak jauh (Long Distance Ferry) dengan lintasan Patimban-Pontianak dan Patimban - Banjarmasin.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, pengoperasian kembali kapal KMP Ferrindo V mampu mengoptimalkan pelabuhan Patimban dan memperkuat jaringan logistik Jawa-Kalimantan.

“Dengan resminya KMP Ferrindo V yang kembali berlayar, ASDP kembali melayani penyeberangan angkutan barang di rute alternatif penghubung logistik pulau Jawa dan Kalimantan," ujarnya, dalam siaran pers, Kamis (5/10).

Baca Juga: Dapat Persetujuan DPR, Menkeu Siap Cairkan PMN BUMN 2023 Sebesar Rp 42 Triliun

Shelvy menambahkan, kehadiran layanan LDF lintas Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin diklaim akan mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan atau over dimension over load (ODOL) di antara dua wilayah tersebut.

Selain itu, layanan lintas LDF juga akan mendorong pertumbuhan sektor lainnya seperti industri dan perdagangan, sehingga memberikan dampak berantai (multiplier effect) yang positif, khususnya di dua titik penyeberangan.

ASDP berharap pengoperasian LDF lintas Patimban menuju Kalimantan ini  dapat mendukung pembangunan daerah sekitar Patimban dan dua kota di Kalimantan dengan memunculkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru serta mendukung pembangunan nasional secara keseluruhan.

“ASDP berkomitmen menghadirkan layanan prima sehingga menempatkan keselamatan dan keamanan kapal sebagai prioritas”, jelasnya.

KMP Ferrindo V yang memiliki kapasitas angkut sebanyak 109 unit kendaraan kecil dan campuran ini akan melayani lintasan pelabuhan Patimban menuju pelabuhan Dwikora, Pontianak sejauh 420 mil dengan waktu tempuh berlayar berkisar 38 jam.

Baca Juga: PMN ASDP 12 Unit Kapal Senilai Rp 388 Miliar dalam Bentuk BMN Disetujui Komisi XI DPR

Pada lintasan Patimban - Pontianak, KMP Ferrindo V dijadwalkan sebanyak tiga kali keberangkatan setiap bulannya.

Di bulan ini, jadwal keberangkatan dari Patimban menuju Pontianak tersedia pada tanggal 3, 10, dan 24 Oktober 2023. Sedangkan untuk perjalanan dari Pontianak menuju Patimban tersedia pada tanggal 5, 12, dan 26 Oktober 2023. 

Selanjutnya: Selamat HUT TNI Ke 78 Tahun 2023, Sebarkan Contoh Ucapan & Link Download Twibbon Ini

Menarik Dibaca: Promo PegiPegi Hotel Selama Oktober 2023 Mulai Harga Rp 50.000-an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×