kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,77   5,66   0.60%
  • EMAS930.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Asia Pacific Rayon luncurkan target berkelanjutan hingga 2023


Kamis, 25 November 2021 / 12:05 WIB
Asia Pacific Rayon luncurkan target berkelanjutan hingga 2023
ILUSTRASI. Dirjen IKFT Muhammad Khayam menyerahkan penghargaan INDI 4.0 kepada Direktur Asia Pacific Rayon, Basrie Kamba di Jakarta.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengembangan bisnis berkelanjutan semakin gencar dilakukan para pelaku usaha di dalam negeri.  Asia Pacific Rayon (APR) misalnya, telah merilis visi keberlanjutan dalam 10 tahun kedepan bertajuk APR2030.

Visi tersebut terdiri dari empat pilar yang akan berkontribusi positif terhadap iklim, alam, manufaktur bersih, serta sirkularitas dan kemajuan yang inklusif. APR2030 terdiri dari 19 target spesifik yang akan dicapai pada 2030.

Target utama produsen serat viscose-rayon terintegrasi ini adalah 20% dari total hasil produksi serat viscose (VSF) terbuat dari bahan daur ulang serta mencapai nol-bersih emisi dari penggunaan lahan dengan menekankan integrasi vertikal bersama APRIL selaku pemasok utama serta mengurangi setengah dari intensitas emisi karbon per ton VSF.

Perusahaan juga mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem dalam radius 50 km dari wilayah operasinya dan mendukung konservasi dan perlindungan habitat satwa liar di Indonesia.

Baca Juga: Basrie Kamba resmi terpilih menakhodai BPD Asosiasi Pertekstilan Riau Indonesia (API)

Direktur APR Basrie Kamba menyatakan, perusahaan akan merintis daur ulang limbah tekstil di Indonesia, mulai dari membangun infrastruktur pengumpulan, pemilahan, dan logistik yang diperlukan hingga memastikan limbah tekstil tidak berakhir di tempat pembuangan akhir.

“Kami juga akan bermitra dengan produsen benang, kain, garmen, serta pelaku industri fesyen untuk memanfaatkan kembali sisa-sisa tekstil yang dapat didaur ulang. Kami juga akan terus berinvestasi dalam manufaktur bersih, teknologi closed loop dan inovasi produksi.” Kata Basri dalam keterangan resminya, Kamis (25/11).

Dia bilang, tujuan utama lainnya adalah memastikan terbukanya akses untuk fesyen berkelanjutan kepada para desainer serta konsumen.

APR2030 semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai produsen viscose-rayon berkelanjutan sekaligus mendukung tujuan iklim global dan keanekaragaman hayati.

Target APR2030 dikelompokkan dalam empat komitmen selaras dengan 10 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB yang paling relevan dengan bisnis APR.

APR akan memangkas jejak karbon sebesar 50% per ton serat viscose serta meningkatkan porsi energi bersih dan terbarukan untuk kebutuhan pabrik hingga 100%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×