kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asik! Pelanggan bisnis kecil dan industri kecil gratis listrik 6 bulan


Jumat, 01 Mei 2020 / 15:51 WIB
Asik! Pelanggan bisnis kecil dan industri kecil gratis listrik 6 bulan
ILUSTRASI. PLN terus berupaya memberikan kemudahan bagi 24 juta pelanggan rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) yang mendapatkan listrik gratis dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon sebesar 50% untuk bulan April, Mei dan Juni. Foto:


Reporter: Anastasia Lilin Y | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Kabar gembira bagi pelanggan listrik bisnis skala k ecil (B1) dan industri skala kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450 V. Pasalnya PT Perusahaan Listrik Negara atawa PLN akan membebaskan tarif tagihan listrik dan memberi token gratis bagi pelanggan golongan tersebut selama enam bulan. Pemerintah telah memutuskannya dalam rapat terbatas (ratas) pada 29 April 2020 lalu.

PLN berupaya secepat mungkin menyiapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik bagi kedua pelanggan tersebut. “Sangat jelas dan tergambar nyata kebijakan Presiden dalam merasakan penderitaan dan kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini sehingga kami langsung menyiapkan langkah-langkah teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil, sebagaimana kami telah menyelesaikan pembebasan tagihan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga pada bulan April yang lalu,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam siaran pers, Jumat (1/5). 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memperluas program perlindungan rakyat yang terdampak akibat Covid-19 dan mengupayakan pemulihan ekonomi. Tak terkecuali bagi usaha ultramikro dan usaha mikro yang selama ini tidak tersentuh lembaga keuangan maupun perbankan. Ada lima skema besar program yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk dapat menerima bantuan sosial dari pemerintah. Bentuk bantuan sosial tersebut baik berupa Program Keluarga Harapan, paket sembako, bantuan sosial tunai, bantuan langsung tunai desa, maupun pembebasan dan pengurangan tarif listrik.

Sebelumnya pada April 2020, pemerintah telah membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan Rumah Tangga (R1) 450 VA dan pemberian diskon 50% bagi pelanggan golongan Rumah Tangga 900 VA Bersubsidi. Kebijakan tersebut telah dituntaskan PLN dalam sepekan sejak keputusan diambil oleh pemerintah. Pembebasan dan pemberian diskon bagi pelanggan listrik pada tahap pertama tersebut menyasar rumah tangga dan berlaku selama tiga bulan. 

Saat ini PLN sedang menyiapkan sistem untuk memasukkan sekitar 500.000 pelanggan listrik golongan bisnis kecil (B1) dan industri kecil (I1) berbasis token. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis. Estimasinya selesai dalam sehari. "Kami memastikan bahwa pada hari Minggu, 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya, sejalan dengan semangat berpihak dan peduli yang disampaikan Bapak Presiden,” pungkas Zulkifli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×