kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asosiasi Pengusaha Logistik Gugat Permedag 31/2023, Ini Dasarnya


Senin, 20 November 2023 / 22:05 WIB
 Asosiasi Pengusaha Logistik Gugat Permedag 31/2023, Ini Dasarnya
ILUSTRASI. Pertumbuhan bisnis logistik: Pekerja perusahaan ekspedisi membongkar muat barang di Bogor, Jumat (24/6/2022).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku industri logistik menyebut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 telah menyebabkan PHK massal di sektor logistik karena belasan perusahaan tutup kantor.

Ketua Asosiasi Pengusaha Logistik E-Commerce (APLE) sekaligus Direktur Utama SKK Logistics Sonny Harsono menyampaikan telah melakukan pengajuan Judicial Review atas nama pribadi dan beserta seluruh karyawan korban diberlakukannya Permendag 31/2023 ke Mahmakah Agung (MA).

Materi gugatan yang diajukan ke Mahkamah Agung terkait dengan Pasal 19 Ayat 1,2,3 dan 4, khusus mengenai pelarangan importasi dibawah US$ 100.

Dasar gugatannya adalah tidak adanya penelitian atau dasar yang jelas dari pelarangan tersebut berkaitan dengan UMKM. 

Ia bilang, larangan itu justru merugikan Negara dan UMKM serta melanggar azas Perdagangan Internasional yang disepakati di WTO. Sementara dalil Menteri Perdagangan membuat larangan itu untuk melindungi UMKM

"Seluruh anggota APLE sepakat tidak ada korelasi antara pelarangan importasi tersebut dengan UMKM, karena importasi US$ 100 juga merupakan sumber bahan baku pendukung bagi UMKM untuk berproduksi dan memiliki nilai tambah," jelas Sonny dalam keterangan resminya, Senin (20/11).

Baca Juga: Meski Pendapatan Turun, IMC Pelita Logistik (PSSI) Masih Bisa Memupuk Laba
 
Sementara fakta yang ada, kata Sonny, sektor logistik justru melakukan PHK massal begitu Permendag tersebut diberlakukan. PHK terjadi mulai dari perusahaan logistik pergudangan, perusahaan kurir, hingga sektor logistik lain yang terkait dengan pergerakan barang importasi tersebut.

APLE mencatat tidak kurang dari 1.000 pekerja di bandara dan kurang lebih 5.000 pekerja di sektor pendukung lain seperti kurir dan pergudangan menjadi korban atas Peraturan tersebut.

Selain itu, lanjut Sonny, peraturan tersebut juga telah mengakibatkan tutupnya lima perusahaan logistik besar dan penutupan belasan cabang perusahaan kurir serta pergudangan di beberapa daerah.

APLE memperkirakan, kerugian negara hanya dari pajak impor dan PPn saja sekitar Rp 5 triliun per tahun dengan larangan importasi e-commerce tersebut.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh dari aturan itu tidak jelas perhitungannya. "Tak ada dasar yang jelas dalam menghitung potensi keuntungan atas ditutupnya importasi e-commerce ke Indonesia dan ini berbanding terbalik dengan kepastian kerugian negara yang di timbulkan. Kerugian negara sekitar Rp 10 triliun per tahun dari sektor yang terdampak langsung," lanjut Sonny.

Salah satu dasar dari Permendag 31/2023 diberlakukan adalah kunjungan kunjungan Menteri Perdagangan ke pasar tradisional seperti Pasar Tanah Abang dan pusat grosir yang ditemukan sepi pengunjung. APLE menyebut, hal itu relevan dengan pelarangan importasi e-commerce. Pasar itu sepi pengunjung disebabkan oleh perubahan pola transaksi customer dari offline ke online.

APLE beranggapan kebijakan Pemerintah ini perlu dilakukan koreksi. Asosiasi ini telah menyampaikan hal itu kepada Kementerian UKM dalam beberapa kali sesi audiensi,dan disepakati adanya dampak negatif dari ditutupnya importasi resmi e-commmerce yang akan menghancurkan UMKM dikarenakan importasi ilegal.

APLE juga telah mengirimkan surat kepada Menteri UKM di sertai dengan bukti bukti bahwa pelarangan 13 item busana muslim dua tahun lalu tidak mampu meningkatkan pangsa pasar produksi lokal. Sonny mengatakan, yang terjadi justru muncul predatory pricing. Sebelum pelarangan harga barang masih hampir sama dengan harga barang produksi dalam negeri, tetapi sekarang sudah lebih murah 10%. 

Baca Juga: Tak Setor Data ke BPS, E-commerce Akan Kena Sanksi Sampai Pemblokiran

Kurangnya kajian dan pengetahuan lapangan terhadap pembuatan Peraturan menjadi kelemahan utama dari terbitnya Permendag 31/2023.

Direktur Eksekutif Centre of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyampaikan,  pemerintah harus mencabut larangan penjualan barang import di bawah US$ 100 dikarenakan merugikan negara dan UMKM.

Senada, kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman juga menyampaikan akan melakukan gugatan terkait aturan larangan importasi barang di bawah US$ 100 setelah di sahkan. Sebab, aturan itu menurutnya jelas merugikan negara triliunan per tahun 

Sektor jasa logistik nasional merupakan penyumbang 15,93% dari pertumbuhan ekonomi nasional dan merupakan sektor usaha dengan persentase tertinggi dalam kontribusi ke pertumbuhan ekonomi nasional selama kuarta I hingga kuartal III  tahun ini.

APLE percaya MA sebagai pintu terakhir bagi masyarakat untuk memperoleh keadilan dapat memberikan putusan se adil-adilnya bagi masyarakat indonesia atas kerugian yang ditimbulkan dari diberlakukannya Permedagng 31/2023.

APLE merupakan sssosiasi logistik satu satunya di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Maskapai, Fullfilment Centre, Pusat Logistik Berikat (PLB), Forwading, E-Commerce Enabler, Perusaahan Kurir, serta Regulated Agent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×